Selasa, 26 September 2017

Pemkot Surabaya Tertibkan 74 Bangunan Liar Belakang Royal Plaza Mall

Selasa, 16 Mei 2017 14:26:43 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
Pemkot Surabaya Tertibkan 74 Bangunan Liar Belakang Royal Plaza Mall

Surabaya (beritajatim.com) - Jalanan di kawasan Jetis Kulon hingga A Yani (belakang Royal Plaza) sebentar lagi tidak akan semacet biasanya. Hal ini lantaran Pemerintah Kota Surabaya telah menggusur bangunan liar yang berdiri di atas lahan milik PT KAI tersebut dengan tujuan sebagai perluasan jalan.

Sebanyak 74 bangunan yang sedianya digunakan sebagai tempat usaha tersebut, berhasil dirobohkan oleh petugas gabungan Satpol PP, Linmas, Dinas PU Bina Marga, Dishub Surabaya, serta petugas Kepolisian.

Dengan menggunakan lima alat berat berupa eskavator dan Buldozer, 74 bangunan permanen serta semi permanen tersebut berhail diratakan dengan tanah.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibum dan Tranmas) Satpol PP Surabaya, Dari, mengatakan proses penertiban kali ini berjalan lancar, lantaran Pemerintah Kota Surabaya telah memberikan peringatan kepada pemilik bangunan terlebih dahulu. "Alhamdulillah lancar mas, mereka (pemilik bangunan) sudah paham dan mengemasi barangnya sendiri-sendiri," ujar Dari.

Proses penertiban bangunan yang diklaim menjadi salah satu penyebab kemacetan tersebut cukup lama, tercatat selama tujuh bulan pemeritah kota berupaya untuk mendapatkan izin dari pemilik lahan, yakni PT KAI.

Pemerintah kota berencana akan memfungsikan lahan tersebut sebagai perluasan jalan, hal ini dikarenakan kawasan tersebut menjadi langganan macet terutama pada jam-jam tertentu. (rif/kun)

Komentar

?>