Senin, 29 Mei 2017

Penjaringan Balon Bupati di PDIP Jombang Miskin Peminat

Selasa, 16 Mei 2017 00:41:34 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Penjaringan Balon Bupati di PDIP Jombang Miskin Peminat
Ketua Panitia Pendaftaran dan Penjaringan Cabup- Cawabup DPC PDIP Jombang, Cakup Ismono

Jombang (beritakatim.com) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah memulai penjaringan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Jombang. Hanya saja, meski pendaftaran itu sudah dibuka sejak 2 Mei 2017, namun hingga menjelang masa akhir penutupan 16 Mei 2017, masih ada satu figur pendaftar.

Satu pendaftar itu dari internal, yakni Sekretaris DPC PDIP Jombang Wulang Suhardi. Anggota DPRD Jombang ini mendaftar pada Jumat pekan lalu. "Hingga saat ini masih ada satu pendaftar, yaitu Wulang Suhardi," ujar Ketua Panitia Pendaftaran dan Penjaringan Cabup- Cawabup DPC PDIP Kabupaten Jombang, Cakup Ismono, Senin (15/5/2017).

Cakup menjelaskan, pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi peserta yang mendaftar. Selanjutnya, berkas tersebut diajukan bagian FPT (Fit and Propher test) atau uji kelayakan dan kepatutan.

Sesudah itu, sambung Cakup, berkas akan dibawa ke Rakernas (Rapat Kerja Nasional) yang diadakan pada 19 hingga 30 Mei 2017 di Bali. "Siapa bakal calon yang lolos verifikasi? Kita ajukan dulu ke DPP," ujarnya.

Sesuai jadwal KPU, Pilkada Jombang akan digelar pada 27 Juni 2018 secara serentak dengan daerah lain, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Pendaftaran balon bupati yang dibuka PDIP Jombang juga dalam rangka pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sekedar diketahui, Pilbup Jombang periode sebelumnya (2013) pasangan yang diusung PDIP harus menerima kekalahan. Saat itu partai berlambang banteng moncong putih membangun koalisi dengan Partai Hanura dan PKPB. Mereka mengusung pasangan Widjono Soeparno - Sumrambah (WIRA).

WIRA kalah telak melawan pasangan Nyono Suharli - Munjidah Wahab yang diusung Partai Golkar, PPP, PKS, Partai Demokrat dan  Partai Gerindra. Rinciannya, WIRA memperoleh 234.819 suara. Sedangkan Nyono Suharli-Mundjidah Wahab, memperoleh 401.576 suara.

Sementara pasangan satu lagi, yakni Munir Al-Fanani-Wiwik Nuriyati (MUKTI) yang diusung oleh PKB dan PKPI berada di posisi juru kunci dengan perolehan 38.039 suara. Dengan hasil itu, secara otomatis pasangan Nyono - Munjidah ditetapkan sebagai pasangan Bupati - Wakil Bupati Jombang periode 2013-2018. [suf]

Komentar

?>