Jum'at, 28 Juli 2017

Krisis Kabid, Kepala Dispemasdes Jember Siap Multifungsi

Senin, 15 Mei 2017 21:30:06 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes) Kabupaten Jember Eko Heru Sunarso tak mempermasalahkan adanya posisi sejumlah kepala bidang yang belum terisi.

Tiga jabatan yang kosong adalah kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan, kepala Bidang Pemberdayaan, kepala Bidang Ekonomi. Dua bidang pertama dimutasi ke Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Sosial. Sementara kepala Bidang Ekonomi kosong karena pensiun dini. "Kami akan lapor ke Ibu Bupati, permohonan untuk segera diisi," kata Heru, Senin (15/5/2017).

Siapa yang kemudian mengerjakan tugas-tugas tiga kabid tersebut? "Sudahlah. Tiada rotan, akar pun berguna, yang penting kami kerja tim. Tapi memang harus ada kabid-nya. (Saat ini) teman-teman kasi (kepala seksi) sudah bisa berjalan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," kata Heru.

Heru mengatakan, persoalan sumber daya manusia itu tak akan mengganggu pelayanan terhadap pemerintahan desa. "Iyalah kalau terganggu kecepatan (pelayanan). Tapi akhirnya kami harus tingkatkan speed-nya. Percepatannya harus kami dorong. Yang penting teman-teman selalu kerja tim," katanya.

Heru menegaskan, tak ada hambatan yang dihadapi. "Memang pasti ada pengaruhnya karena tak ada kabid, tapi kami optimalkan semua sumber daya yang ada," katanya.

Ketua Komisi A DPRD Jember Mashuri Harianto mengatakan, tidak otomatis mundurnya posisi kepala bidang ini membuat kepala seksi mengerjakan tugas-tugas kepala bidang. "Logika saya, itu bukan tanggung jawab kepala seksi," katanya.

Namun, Heru mengatakan, dirinya juga turun tangan. "Kepala dinasnya juga berfungsi sebagai kabid. Harus memfungsikan sebagai kabid. Kalau biasanya ada surat pengajuan sudah matang (tinggal tanda tangan), sekarang harus lebih teliti lagi. Tidak masalah. Ada fungsi sekretaris dinas. Sekretaris kami optimalkan," katanya. [wir/kun]

Komentar

?>