Jum'at, 28 Juli 2017

Komisi A Minta Car Free Day Saat Ramadan Tak Jual Makanan

Jum'at, 12 Mei 2017 01:25:40 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Komisi A Minta Car Free Day Saat Ramadan Tak Jual Makanan

Jember (beritajatim.com) - Komisi A DPRD Jember meminta agar tak ada yang berjualan makanan saat 'Car Free Day (Hari Bebas Mobil) setiap Minggu pagi selama Ramadan. Legislator membuka peluang perubahan jadwal Car Free Day dari pagi ke sore.

"Biasanya saat hari Minggu banyak yang berjualan saat Car Free Day. Empat hari Minggu di bulan Ramadan, ya jangan berjualan makanan. Kalau Car Free Day ada, yang berjualan makanan dilarang dulu. Meski pun ada anak kecil yang butuh jajan. Mungkin anak kecil kita diajari puasa juga," kata Ketua Komisi A Mashuri Harianto.

Mashuri meminta agar Pemerintah Kabupaten Jember memikirkan hal ini. "Mengingat suasana ibadah barangkali Car Free Day diliburkan, ya monggo diputuskan. Saya pribadi kalau kegiatannya olahraga pagi, tidak masalah. Kalau kegiatannya tidak mengganggu bulan suci Ramadan ya tidak masalah," katanya.

Menurut Mashuri, pedagang yang selama ini berjualan saat Car Free Day juga butuh kepastian. "Mereka menunggu, supaya pedagang kita berpikir mau berjualan di mana kalau pas hari Minggu pagi. Mereka juga butuh persiapan," katanya.

Mashuri mengatakan, ini tantangan bagi Satpol PP untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. "Spanduk itu juga edukasi," katanya.

Mashuri mengusulkan ada acara buka bersama yang melibatkan Komisi A dan petugas Satpol PP di lapak pedagang kaki lima yang sudah mau tertib. "Duduk di sana, makan di sana. Begitu Magrib, makan bareng di sana," katanya. [wir/but]

Komentar

?>