Rabu, 23 Mei 2018

Banyuwangi Kekurangan Blanko KTP Elektronik

Rabu, 10 Mei 2017 23:57:49 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Banyuwangi Kekurangan Blanko KTP Elektronik

Banyuwangi (beritajatim.com) - Penyediaan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (eKTP) beberapa waktu lalu sempat terganggu. Tak terkecuali yang terjadi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi.

Meski demikian pada akhir April lalu, Banyuwangi telah mendapatkan dropping blanko KTP dari pusat sebanyak 10 ribu. Terakhir daerah ini mendapat droping pada Agustus 2016.

"Rencananya, minggu depan Banyuwangi akan didrop lagi blanko KTP sebanyak 30 ribu blanko.  Dengan adanya dropping KTP elektronik ini, kami akan mulai lagi proses pencetakan KTP," ungkap Kepala Dispendukcapil Banyuwangi DJaffri Yusuf, Rabu (10/5/2017).

Meskipun demikian, kata Jafri, jumlahnya masih belum mencukupi kebutuhan KTP bagi masyarakat. Sebab, jumlah penduduk yang melakukan permohonan pembuatan KTP elektronik dan telah melakukan perekaman data sejak September-April lalu sebanyak 50 ribu orang.

"Jumlah 50 ribu itu hanya jumlah penduduk yang baru pertama mengajukan permohonan KTP elektronik. Belum termasuk mereka yang melakukan perubahan data di KTP elektronik. Sesuai petunjuk dari Pusat, pemohon pemula ini yang menjadi prioritas diterbitkan dulu KTP-nya," ujar DJaffri.

Bagaimana dengan mereka yang belum diterbitkan KTP elektroniknya? Misalnya penduduk yang telah memiliki KTP el namun ingin melakukan perubahan data tercantum. Djaffry menjelaskan mereka bisa menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh dispenduk.

"Surat keterangan bisa digunakan sebagaimana fungsi KTP elektronik. Surat ini berlaku selama enam bulan dan selanjutnya bisa diperpanjang bila KTP elektroniknya belum jadi," pungkasnya. [rin/suf]

Tag : ktp banyuwangi

Komentar

?>