Rabu, 22 Nopember 2017

18 TKI Jatim Terancam Pancung, Ada Gara-gara Santet

Minggu, 30 April 2017 21:38:23 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
18 TKI Jatim Terancam Pancung, Ada Gara-gara Santet

Surabaya (beritajatim.com) - Sebanyak 270 orang TKI terancam hukuman mati di beberapa negara. Dari jumlah itu, 18 orang TKI asal Jatim saat ini menunggu eksekusi hukuman mati.

Mereka terancam hukuman pancung. Ada yang gara-gara kasus pembunuhan, tertangkap bawa narkoba, bahkan gara-gara memiliki ilmu sihir atau santet.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jatim Sukardo kepada wartawan mengatakan salah seorang TKI yang tersangkut masalah santet itu menyebabkan kematian seseorang di negara asing.

"Pak Gubernur sudah berkirim surat kepada pemerintah pusat agar bisa membantu meringankan hukuman mereka. Belasan TKI itu sudah divonis," katanya.

Ketika ditanya siapa saja ke-18 TKI asal Jatim itu, pejabat yang akan memasuki purna tugas pada 1 Mei 2017 itu belum bisa menyebut secara detail TKI yang divonis hukuman mati.

"Sudah ada sebenarnya datanya, tapi perlu didetailkan kembali. Kabid Penempatan yang tahu persis," kilahnya

Selain ada belasan TKI yang menunggu eksekusi hukuman mati, saat ini ada 7.000 TKI Jatim yang dideportasi. Ribuan TKI itu saat ini banyak yang ditahan di negeri asing.

Mereka dideportasi karena tak lagi mengantongi dokumen resmi sebagai WNA di negeri asing. Paspor dan visa kerja mereka juga sudah habis. "Hingga bulan keempat tahun ini sudah ada 1.200 TKI kita yang dideportasi. Setiap dua minggu sekali banyak TKI dipulangkan paksa," jelasnya.

Ribuan TKI lainnya saat ini juga banyak yang ditahan karena nekat masuk jalan-jalan tikus. Paling banyak masuk melalui Batam dan Medan. Mereka tak dilengkapi dokumen resmi. Ada 60 TKI Jatim yang ditahan setelah tiba di Dubai.

Total TKI Jatim yang bekerja di luar negeri saat ini mencapai 276.000. TKI atau TKW masih menjadi impian untuk sebagian warga di daerah tertentu. Seperti Madura, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Pacitan, Lamongan, dan beberapa daerah lain.

TKI yang resmi di Malaysia akan bergaji sekitar Rp 7 juta per bulan. Yang ilegal Rp 3 juta. Paling tinggi gajinya di Taiwan sekitar Rp 10 juta. Di bawah Taiwan adalah Hongkong Rp 8 juta. [tok/but]

Tag : tki

Komentar

?>