Kamis, 24 Agustus 2017

Jadi Tuan Rumah Peringatan OTODA ke XXI

Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Rakyat

Jum'at, 21 April 2017 21:56:36 WIB
Reporter : M. Ismail
Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Rakyat

Sidoarjo (beritajatim.com) - Kabupaten Sidoarjo akan menjadi tuan rumah Peringatan Hari OTODA ke XXI yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Beberapa persiapan sudah dilakukan, termasuk dengan menggelar beberapa pagelaran.

Salah satunya dengan menggelar Pasar Rakyat Pameran UMKM dan Produk Unggulan Sidoarjo. Pameran ini digelar tiga hari, mulai tanggal 21 sampai 23 April. Pameran dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, Jumat (21/4/2017).

Ada sebanyak 102 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memamerkan produk unggulan Kabupaten Sidoarjo dalam kegiatan ini. Mereka akan menempati stan-stan yang sudah disediakan di Alun-alun Sidoarjo.

Produk yang dipamerkan, mulai dari produk kerajinan, makanan khas Sidoarjo, seperti bandeng asap, otak-otak bandeng dan banyak jenis makanan lainnya. Sedangkan untuk sandang, mulai dari batik sampai kerajinan kulit dan lain sebagainya.

Ada juga kerajinan tas kulit, sepatu kulit, busana muslim, rajut dan accesoris lainnya. Pengunjung dapat melihat satu persatu produk yang dipamerkan.

Pasar Rakyat merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemkab Sidoarjo untuk memasarkan produk UMKM. Kali ini, sengaja digelar bertepatan dengan Peringatan Hari OTODA ke XXI dengan harapan bisa mempromosikan produk UMKM Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan, dengan digelarnya  Pasar Rakyat ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian pelaku UMKM Sidoarjo. Apalagi, produk-produk UMKM Sidoarjo tidak kalah bersaing dengan produk dari luar Sidoarjo.

Ditambahkan Saiful Ilah, dengan adanya promosi semacam ini, diharapkan produk-produk UMKM Sidoarjo bisa dikenal di luar Sidoarjo. Bahkan, sampai ke luar negeri. "Pemkab terus mempromosikan produk-produk UMKM Sidoarjo agar bisa lebih dikenal," tandasnya.

Salah satunya promosi yang dilakukan Pemkab Sidoarjo, dengan misi perdagangan ke Italia beberapa waktu lalu. Ada produk dari Sidoarjo, khususnya koper yang diekspor ke Italia.

Abah Ipul sapaan akrap Bupati Sidoarjo juga meminta pameran seperti Pasar Rakyat terus diagendakan rutin tiap tahun. Demikian pula promosi-promosi dalam bentuk lainnya juga harus digalakkan.

Kabid Perdagangan Disperindag Dana Riawati mewakili Kadisperindag Feny Apridawati mengatakan Pasar Rakyat ini digelar untuk memperkenalkan produk UMKM Sidoarjo. Agar produk UMKM lebih dikenal.

Panitia juga menasang baliho UMKM Pasar Rakyat di beberapa akses masuk ke Sidoarjo. "Pasar Rakyat kita gelar menyambut Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXI yang digelar di Kabupaten Sidoarjo," tandasnya. (isa/ted)

Tag : otoda

Komentar

?>