Rabu, 18 Oktober 2017

Pemkab Pamekasan Dapat Program Desa Migran Produktif

Jum'at, 21 April 2017 20:49:11 WIB
Reporter : Samsul Arifin

Pamekasan (beritajatim.com) - Pemkab Pamekasan mendapatkan program desa migran produktif dari pemerintah pusat menyusul banyaknya TKI ilegal dari daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Program tersebut nantinya akan digelar di beberapa titik yang memiliki potensi jumlah TKI ilegal ke luar negeri, seperti Desa Pasanggar, Kecamatan Pagantenan dan Desa Waru Timur, Kecamatan Waru.

"Kita sudah survie dua desa yang menjadi kantong TKI, nantinya akan kita gelar program dari pemerintah pusat disana," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disnakertrans) Pamekasan Arif Handayani, Jum'at (21/4/2017).

Diakuinya, program tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi sekaligus mengurangi jumlah TKI ilegal dari Pamekasan. "Program ini untuk mengurangi minat warga menjadi TKI, sehingga potensi desa akan terangkat dengan memberdayakan masyarakat," ungkapnya.

"Misalnya disana (desa) ada kerajinan dan potensi yang bisa diberdayakan, nantinya akan terangkat dengan sendirinya. Sehingga masyarakat bisa mengoptimalkan potensi yang ada, sebab mereka tidak berangkat ka menjadi TKI," jelasnya.

Namun pihaknya enggan menjelaskan secara detail tentang anggaran dalam program tersebut. "Ini program pemerintah pusat dan kita baru selesai survie, tapi prediksi mencapai Rp 6 miliar," pungkasnya. [pin/kun]

Komentar

?>