Minggu, 30 April 2017

Dinas Sosial Beri Ketrampilan pada Anjal Bojonegoro

Jum'at, 21 April 2017 13:02:42 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Dinas Sosial Beri Ketrampilan pada Anjal Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) - Sejumlah pengamen dan anak jalanan (Anjal) yang ada di Kabupaten Bojonegoro mendapat suport dari Pemerintah Daerah untuk mengembangkan kemampuan dan menambah ketrampilan dalam bidang usaha kreatif. Salah satunya dengan cara memberi bantuan berupa alat musik dan pelatihan ketrampilan usaha kreatif.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Adi Witjaksono, mengatakan pelatihan terhadap Anjal dan pengamen ini merupakan salah satu bentuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Bojonegoro. Sekitar 30 anak jalanan dan 200 peserta dari komunitas Putra Bima yang sebagian besar anggotanya dari pengamen antusias mengikuti pelatihan itu.

"Mereka mendapatkan pelatihan tentang membuat Pin dan Sablon di gelas oleh BLK Bojonegoro. Sedangkan dari  Dinas Sosial anak jalanan ini didukung dalambermusik dengan memberikan alat musik lengkap, juga ada perpustakaan," jelasnya, Jumat (21/4/2017).

Diharapkan dari pelatihan itu mereka bisa produktif dan tidak kembali ke jalanan. Fasilitasi dan pelatihan ini, lanjut Adie Witjaksono, sebagai upaya untuk memberdayakan mereka kearah yang lebih positif. "Dengan demikian akan memberikan kesempatan mereka untuk memberdayakan diri melalui media yang lebih tepat bukan dijalanan, apalagi kesan anak jalanan yang negatif," jelasnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Bojonegoro, AKP Ismawati, mengungkapkan, anak jalanan harus lebih terarah dalam kegiatannya dan jangan mengganggu di jalan. Jika selama ini jalanan dikesankan negatif, maka dengan adanya pelatihan ini mereka harus meningkat dalam artian lebih produktif.

"Apalagi pemerintah sudah memfasilitasi mereka mulai dengan pembekalan pelatihan dan memberi bantuan alat. Ini menandakan bahwa pemerintah itu juga memperhatikan mereka," ungkapnya. [lus/but]

Komentar

?>