Senin, 23 Oktober 2017

Kemenangan Anies Bukan Masalah Untuk Jokowi

Jum'at, 21 April 2017 09:17:36 WIB
Reporter : -
Kemenangan Anies Bukan Masalah Untuk Jokowi

Jakarta (beritajatim.com) - Pengamat Politik Petrus Salestinus menilai kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno adalah sebuah realitas politik yang harus diterima. Meski mulai jadi perbincangan hangat, menangnya Anies-Sandi tidak akan menjadi masalah bagi Presiden Jokowi.

"Bagi Presiden Jokowi tentu tidak terlalu masalah karena seorang Gubernur adalah merupakan alat kekuasaan pemerintah pusat yang di tempatkan di Provinsi meskipun ini terjadi di DKI dengan sejumlah kekhususannya," katanya, Kamis (20/4/2017).

Yang agak merepotkan, kata Petrus, adalah Anies dan Sandi ini diusung oleh Partai Gerindra dan PKS yang berada di luar bariasan Partai Pendukung Pemerintah, dengan kekuatan politik yang tidak significant di DPR. Kondisi ini menuntut Anies untuk bisa menunjukkan kinerja yang lebih baik dari Gubernur sebelumnya.

"Justru Anies-Sandi harus bekerja keras untuk lebih baik dari Ahok, karena jika terjadi sebaliknya kemudian melahirkan krisis kepercayaan publik, maka Anies dan Sandi bisa berakhir di tengah jalan pemerintahannya," ulasnya.

Sebelumya, kemenangan Anies-Sandi versi hasil hitung cepat seluruh lembaga survei diperkirakan justru memberi angin segar kepada pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi. Maklum, sebelum dan saat kampanye Anies berhasil memanfaatkan serangan balik terhadap Ahok dengan mencari dukungan dari para ulama konservatif dan tokoh radikal pinggiran yang menentang Gubernur Jakarta dipimpin non-muslim.

Setelah kekalahan Ahok atas Anies kemungkinan besar demo-demo untuk menganggu pemerintah pusat bakal meredup dan Jokowi bisa menjalankan pemerintahannya dengan lebih enak.

Hanya saja, kekalahan Ahok ditengarai akan semakin memberanikan kelompok-kelompok garis keras untuk memberikan tekanan lebih lanjut di Jakarta dan pemerintah pusat untuk mewujudkan agenda ultrakonservatif. [inilah.com]

Tag : pilgub dki

Komentar

?>