Kamis, 24 Agustus 2017

Ini Faktor yang Buat Ahok-Djarot Kalah

Kamis, 20 April 2017 07:41:04 WIB
Reporter : -
Ini Faktor yang Buat Ahok-Djarot Kalah

Jakarta (beritajatim.com) - Berdasarkan hitung cepat beberapa lembaga surveri, pasangan calon gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno unggul dari pasangan incumbent Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di putaran kedua.

Bahkan perolehan suara pasangan Ahok-Djarot tertinggal jauh dari pasangan Anies-Sandiaga pada putaran kedua. Lembaga survei merilis pasangan petahana tersebut tertinggal setidaknya 10 persen.

Menyikapi hal hal ini, pengamat politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara menilai, kekalahan Ahok-Djarot dikarenakan kasus penistaan agama yang saat ini tengah dituduhkan kepada Ahok.

"Nah kenapa jaraknya begitu tinggi tidak 1% karena menurut saya pertama kasus Ahok di kepulauan seribu (kasus penistaan agama)," kata Igor, Rabu (19/4/2017).

Menurut dia, kesalahan Ahok tersebut telah memberikan kesempatan Anies-Sandi untuk merebut simpati masyarakat DKI Jakarta. Dan itu terbukti dengan hasil pilkada pada putaran kedua yang menempatkan suara mereka mengungguli Ahok-Djarot.

"Itu memang telah memberikan kesempatan kepada Anies-Sandi untuk menang. Jadi itu kesalahan ada pada Ahok," ujar Igor.

Disisi lain, penggusuran yang dilakukan oleh Ahok selama menjabat juga berimbas pada kepercayaan masyarakat untuk memilih lagi. Dan akhirnya rakyat Jakarta memberikan suaranya kepada pasangan nomor urut tiga.

"Jelas mempengaruhi penggusuran bahkan Reklamasi sejak jauh hari itu sudah menjadi propaganda yang sangat manis oleh Ani Sandi untuk merebut simpati pemilih rakyat Jakarta," papar dia.

Untuk dia, dia berharap semua pendukung atau simpatisan Ahok-Djarot menerima dengan legowo kekalahan. "Kalau kemudian pemilih Jakarta dibilang rasional ya rasional gak perlu emosional menerima kekalahan," papar dia.

Diketahui, Ahok saat ini memang menjadi terdakwa kasus dugaan penistaan agama. Ahok tengah menunggu tuntutan dari tim jaksa pada Kejaksaan Agung terkait dengan kasus tersebut. Sebelumnya tuntutan pada Ahok sedianya akan dibacakan pada Selasa 11 April 2017 kemarin. Namun tim jaksa menunda lantaran berkas tuntutan belum siap. [inilah.com]

Tag : pilgub dki

Komentar

?>