Kamis, 29 Juni 2017

Airlangga Pribadi: Ahok Keok Akibat Politisasi Agama

Rabu, 19 April 2017 19:26:35 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Airlangga Pribadi: Ahok Keok Akibat Politisasi Agama
Airlangga Pribadi Pengamat Politik Unair

Surabaya (beritajatim.com) - CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi Kusman menyampaikan analisanya terkait kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat melawan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada pilkada DKI Jakarta versi quick count (QC) sejumlah lembaga survei.

"Faktor yang mempengaruhi sangat besar kekalahan petahana Ahok-Djarot adalah maraknya politisasi agama dan pembelahan kultural sebagai instrumen politik pemenangan pilkada," kata pengamat politik Universitas Ailangga Surabaya kepada beritajatim.com, Rabu (19/4/2017).

Menurut Airlangga, berdasarkan hasil quick count Ahok-Djarot hanya memperoleh suara di kisaran 42-43 persen. Ini tidak sesuai dengan survei-survei yang mengukur tingkat kepuasan rakyat atas kinerja incumbent yang mencapai 70 persen.

"Yang memilih ternyata jauh di bawah itu. Padahal survei sebelumnya yang mengukur tingkat kepuasan rakyat sebesar 70 persen. Tapi yang harus diingat ada 42-43 persen warga DKI Jakarta yang tidak memilih atas dasar SARA. Ini modal politik yang harus dirawat Ahok," jelasnya.

Dia berharap kepada Gubernur DKI Jakarta terpilih nantinya setelah hasil real count KPU diumumkan, harus bertanggungjawab merawat harmoni bangsa dan membangun kebhinekaan Indonesia di Jakarta yang plural dan cosmopolitan ini.

"Saya juga berharap jangan sampai politisasi agama di pilkada DKI Jakarta dibawa ke pilgub Jatim 2018," imbuhnya.

Untuk diketahui, hasil hitung cepat (quick count) pemungutan suara Pilgub DKI putaran kedua dari lembaga Polmark mencapai akhir. Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengalahkan petahana Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat versi quick count ini.

Data yang masuk ke Polmark sudah lebih dari 99 persen. Per pukul 17.05 WIB, Rabu (19/4/2017), Ahok-Djarot mendapat perolehan suara 42,43 persen. Sementara pasangan Anies-Sandiaga menang di angka 57,57 persen. (tok/ted)

Tag : pilgub dki

Komentar

?>