Sabtu, 27 Mei 2017

Anggota DPRD Jatim: Jember Jangan Lihat Banyuwangi Pesaing

Selasa, 11 April 2017 16:05:04 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Anggota DPRD Jatim: Jember Jangan Lihat Banyuwangi Pesaing

Jember (beritajatim.com) - Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur Hadinuddin menilai, dibangunnya tol pantai utara dari Probolinggo ke  Kabupaten Banyuwangi akan menjadi tantangan tersendiri bagi kepala daerah di Jember. Rencananya tol sepanjang 170 kilometer tersebut akan dibangun pada 2017.

"Bagaimana dia (kepala daerah Jember) berpikir lebih taktis, mampu membaca peluang dan tantangan yang ada. Jangan hanya tantangannya yang dilihat, tapi peluangnya harus dioptimalkan. Jelas nanti Banyuwangi akan jadi sentra pariwisata setelah Bali, karena orang pasti akan berhenti dulu di Banyuwangi menikmati pariwisata di sana baru kemudian ke Bali," kata Hadinuddin.

"Tinggal sekarang Jember mau berbuat apa untuk mengimbangi. Sebenarnya semua aspek kebutuhan untuk menjadi daerah maju di Jember luar biasa. Artinya, dari kontur wilayah, produk daerah, hasil tanaman, wisata bisa dikembangkan. Tinggal political will pemerintah mendorong itu," kata Hadinuddin.

"Jember melihat Banyuwangi sebagai pesaing, tapi jadikan mitra, sehingga ada kerjasama government to government agar kebesaran Banyuwangi dan tumbuhnya ekonomi di sana menular ke Jember," kata Hadinuddin.

Alumnus Institut Agama Islam Negeri Jember ini berharap, Pemerintah Kabupaten Jember bisa memaksimalkan serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah. "Besarnya silpa (sisa lebih penggunaan anggaran) pasti berbanding lurus dengan penurunan tingkat ekonomi. Kalau pada 2017 dorongan pembangunan di Jember dan program berjalan lambat,  saya pikir ekonomi juga tidak akan terdorong," katanya.

Hadinuddin menyarankan perlunya koordinasi sinergis antar semua komponen di Kabupaten Jember. "Khususnya di pemerintahan, membaca semua peluang, kemudian dikomunikasikan dengan semua pemangku kepentingan ekonomi, rumuskan, jalankan. Itu saja, sederhana. Cuma mau tidak melakukan itu," katanya. [wir/kun]

Tag : dprd jember

Komentar

?>