Jum'at, 24 Maret 2017

Bupati Anas: Beribadah di Alas Purwo Jangan Ditarik Retribusi

Senin, 20 Maret 2017 18:40:15 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Bupati Anas: Beribadah di Alas Purwo Jangan Ditarik Retribusi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Keluhan dari sejumlah warga umat Hindu yang akan beribadah di Pura Agung Giri Salaka, Alas Purwo mendapat respon dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Pasalnya, selama ini tidak ada kekhususan bagi warga yang akan beribadah di lokasi tempat suci itu.

"Memang ada keluhan, masak orang mau beribadah ditarik retribusi. Ini dianggapnya Pemda. Kita sudah sampaikan ke pihak Kementrian, supaya ini dapat kompensasi lah, sehingga orang yang akan beribadah kesana tidak ditarik retribusi,"terang Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (20/3/2017).

Bupati Anas juga telah memberikan pesan permintaan ke berbagai pihak untuk menyampaikan mengenai kompensasi itu.

Ini juga bentuk upaya pendekatan agar nantinya memberi dampak membuka jalan kepada Kementrian Kehutanan.

"Kebetulan Pangdam kemarin kesini juga menyampaikan hal yang sama. Kebetulan pula Pangdam ini orang Bali. Jadi saya berpesan agar Pangdam juga membantu menyampaikan ini kepada Kementrian Kehutanan supaya orang yang beribadah ke Alas Purwo ini tidak ditarik retribusi," ungkapnya.

Pura Luhur Giri Salaka ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo. Setiap tahun, tempat suci ini tak pernah sepi dari kunjungan umat Hindu yang akan beribadah.

Tak hanya menjadi tujuan beribadah warga Banyuwangi, tetapi juga umat Hindu dari Bali. Selain itu, tempat ini tak hanya sebagai tempat ibadah, pura luhur ini juga sebagai tujuan wisata religi. (rin/ted)

Tag : alas purwo

Komentar

?>