Sabtu, 29 April 2017

Menteri Agama, Mendikbud dan Ketua MUI Hadiri Pertemuan di Tebuireng

Sabtu, 18 Maret 2017 06:24:03 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Menteri Agama, Mendikbud dan Ketua MUI Hadiri Pertemuan di Tebuireng
Mantan Ketua DPR RI Marzuki Ali (paling kanan) sudah berada di kediaman KH Salahuddin Wahid

Jombang (beritajatim.com) - Sejumlah tokoh nasional dijadwalkan menghadiri pertemuan di PP (Pondok Pesantren) Tebuireng Jombang, Sabtu (18/3/2017). Para tokoh itu di antaranya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, serta Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) KH Ma'ruf Amin.

Selain itu juga hadir mantan Ketua DPR RI Marzuki Ali, mantan Mendikbud M Nuh, serta sejumlah ulama, kiai dan habib. "Acaranya peluncuran Yayasan Penguatan Peran Pesantren Indonesia (YP3I)," ujar Teuku Azwani, salah satu panitia.

Azwani menjelaskan, pagi ini para undangan dari luar kota sudah hadir di Tebuireng. Termasuk mantan Ketua DPR RI Marzuki Ali juga sudah hadir di pesantren yang didirikan Hadratusyaikh Hasyim Asya'ri itu. "Pak Marzuki Ali semalam sudah hadir di Tebuireng," katanya.

Peluncuran YP3I itu, kata Azwani, diawali dengan ziarah makam keluarga besar pesantren Tebuireng. Selanjutnya digelar sarasehan tentang ekonomi dengan narasumber para menteri. Sarasehan itu sekaligus sebagai tanda peluncuran YP3I.

Dalam saresehan tersebut, Menteri Agama akan menyampaikan materi tentang memperkuat peran pesantren sebagai benteng pembangunan karakter anak bangsa. Sedangkan Mendikbud akan membawa materi tentang pesantren sebagai salah satu kekuatan kepempimpinan bangsa.

"Terakhir peluncuran YP3I yang pengantarnya disampaikan oleh bapak Marzuki Ali," ujar santri Tebuireng yang berasal dari NAD (Nagroe Aceh Darussalam) ini. [suf]

Komentar

?>