Jum'at, 26 Mei 2017

Kiai Hasyim Komitmen Ciptakan Perdamaian Dunia

Kamis, 16 Maret 2017 09:08:43 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Kiai Hasyim Komitmen Ciptakan Perdamaian Dunia

Jombang (beritajatim.com) - Banyak yang merasa kehilangan atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi, tak terkecuali keluarga besar PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Rejoso, Peterongan, Jombang. Bagi PPDU, Kiai Hasyim bukan hanya ulama moderat dan toleran. Namun juga komitmen terhadap perdamaian dunia.

Hal itu diungkapkan salah satu pengasuh PPDU Jombang, Zahrul Azhar atau Gus Hans. Menurutnya, komitmen perdaimain itu dibuktikan dengan jabatan Kiai Hasyim sebagai Sekjen ICIS (Interntional Conference of Islamic Scholars).

"Posisi beliau sebagai Sekjen ICIS membuktikan almarhum betul-betul mumpuni dalam mengkomunikasikan dan mengkampanyekan misi perdamaian dalam dunia internasional. Oleh karena itu, kami sangat kehilangan dengan meninggalnya beliau. Kami keluarga besar PPDU menyampaikan duka cita mendalam," ujar Gus Hans, Kamis (16/3/2017).

Gus Hans menambahkan, kia kelahiran 8 Agustus 1944 di Tuban, Jawa Timur ini adalah sosok yang piawai dalam mengolah kata-kata. Bahasanya sejuk dan mudah dipahami oleh pendengar. "Tidak harus vulgar menyalah-nyalahkan pihak lain. Bangsa Indonesia sangat membutuhkan sosok yang sejuk seperti almarhum," urainya.

Terlepas dari itu semua, pengasuh asrama At-tin PPDU ini punya kenangan tersendiri dengan almarhum. Betapa tidak, saat Kiai Hasyim menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Gus Hans dikirim ke Inggris untuk mengikuti 'short course' selama dua bulan.

"Saya dikirim untuk mengikuti pelatihan manajemen pesantren. Bagi saya, ini sebagai wujud komunikasi yangg baik almarhum dengan semua pihak," pungkas putra dari almarhum KH As'ad Umar ini.

Seperti diberitakan, sejak 11 Maret 2017, KH Hasyim Muzadi dirawat di rumah sakit Lavalette hingga Senin kemarin. Dalam surat keterangan yang diterbitkan 13 Maret 2017, Kepala RS Lavalette Abdul Rokhim menjelaskan bahwa KH Hasyim Muzadi sebenarnya masih perlu menjalani masa pemulihan di rumah sakit.

"Akan tetapi, Kyai Hasyim ingin menjalani masa pemulihan di kediamannya agar lebih dekat dengan santri-santrinya," ucap Abdul Rokhim dalam surat keterangan tersebut.

Kiai Hasyim akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (16/3/2017). Pimpinan pondok pesantren Al Hikam ini wafat sekitar pukul 06.15 WIB.

KH Hasyim Muzadi saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015. Pendiri Pondok Pesantren Al-Hikam Malang ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB NU pada periode 1999-2010. [suf]

Komentar

?>