Minggu, 25 Juni 2017

Pilgub DKI, PKB Minta Pendapat Ulama

Sabtu, 11 Maret 2017 19:28:17 WIB
Reporter : -
Pilgub DKI, PKB Minta Pendapat Ulama

Jakarta (beritajatim.com) - Dewan Pengurus Wilayah PKB DKI Jakarta melaksanakan Halaqoh Ulama Rakyat di Gedung Pertemuan Pertamina, Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada Sabtu (11/3/2017).

Pertemuan ulama se-Jakarta ini sebagai bentuk usaha PKB dalam meminta pendapat para ulama terkait dengan perkembangan situasi DKI Jakarta.

"Dulu Almarhum KH Abdurrahman Wahid pada 2006 mencetuskan Majelis Silaturrahmi Ulama Rakyat (Masura). Karena, kita ulama ahlu sunnah wal jamaah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat," kata Ketua DPW PKB DKI, Hasbiallah Ilyas di Jakarta.

Menurut dia, melakukan silaturahim ini langkah pendekatan pengurus terhadap ulama. Karena, kondisi saat ini mirip dengan kondisi tahun 1955, mirip dengan kondisi zaman perang shiffin di zaman Sayyidina Ali bin Abu Thalib Ra.

"Kalau mau lebih jauh lagi seperti jaman sebelum perjanjian hudaibiyah. DPW PKB DKI hari ini dengan kondisi politik yang seperti ini, maka DPW PKB menyimpulkan hari ini kita menghadapi zaman fitnah," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini ada juga kelompok yang mengaku sebagai ahlu sunnah tapi tidak melakukan petunjuk sebagai warga nahdliyin seperti kegiatan agama memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, tahlil dan sebagainya.

"Ada yang ngaku-ngaku ahlu sunnah tapi mereka memusuhi kita, ada yang melakukan ritual-ritual ahlu sunnah seperti maulid, tahlil dan lain-lain hanya kalau mau pilkada. Padahal sebelumnya tidak pernah," jelas dia.

Oleh karena itu, Hasbi mengatakan partainya akan melakukan rapat khusus dengan ulama untuk meminta pendapat terkait Pilkada DKI putaran kedua. Menurutnya, pendapat itu didasari atas sejarah Nahdlatul Ulama (NU) ke belakang dalam melawan radikalisme.

"Kita meminta pendapat ulama apapun itu bentuknya, PKB melawan radikalisme di Indonesia," tandasnya. [ris]

Sumber : Inilah.com
Tag : pilgub dki

Komentar

?>