Minggu, 18 Februari 2018
Dibutuhkan Wartawan Kriminal di Surabaya, Usia Maks 27 Tahun, S1, Punya Pengalaman, Kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Usai Produktif di Bojonegoro Rata-rata Belum Ber-KTP

Kamis, 09 Maret 2017 10:44:53 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Usai Produktif di Bojonegoro Rata-rata Belum Ber-KTP

Bojonegoro (beritajatim.com) - Masih banyak warga Bojonegoro yang diketahui belum memiliki e-KTP. Hal itu diketahui saat Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) melakukan monitoring ke desa-desa. Sedikitnya, setiap desa ada 50 warga yang belum memiliki e-KTP.

Menurut Seksi Pemanfaatan dan Dokumen Kependudukan, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, Pemkab Bojonegoro, Handayani, warga yang belum melakukan perekaman e-KTP tersebut lantaran bebera hal. Diantaranya pindah kependudukan dan belum mengurus surat pindah, tidak berktp, dan memiliki NIK ganda.

"NIK ganda biasanya karena pindah kependudukan sehingga yang bersangkutan kesulitan dalam perekaman. NIK ganda ini harus dilakukan penghapusan salah satu," ujarnya, Rabu (9/3/2017).

Sehingga, kata dia, untuk mengurangi jumlah penduduk yang belum memiliki identitas ini, pihaknya terus melakukan monitoring ke desa-desa. "Discapilduk melakukan monitoring di desa-desa untuk mensosialisasikan warga agar membuat e-KTP," katanya.

Ada lima kecamatan yang sudah mendapat sosialisasi. Yakni, Kecamatan Kepohbaru, Baureno, Sumberejo, Balen, dan Kecamatan Bubulan. Sosialisasi itu, lanjut dia, sebagai upaya jemput bola agar semua warga kedepan sudah beridentitas. Meskipun dalam pengurusannya nanti e-KTP diberi kartu sementara.

Handayani mengatakan, surat pengganti e-KTP ini karena blangko yang disediakan dari pusat tidak turun ke daerah. Hal itu sudah terjadi sejak bulan Oktober 2016 lalu. Sementara, Pemerintah Kabupaten, kata dia, tidak bisa melakukan pengadaan blangko sendiri karena sudah disediakan oleh pemerintah pusat. "Tidak bisa melakukan pengadaan sendiri. Karena semua blangko dari pusat. Yang dicetak sendiri adalah surat pengganti e-KTP," jelasnya.

Surat pengganti e-KTP berlaku selama enam bulan. Jika masa berlakunya sudah habis bisa diperpanjang. Setiap hari, rata-rata ada sekitar 200 surat pengganti e-KTP yang dicetak. [lus/kun]

Tag : ktp bojonegoro

Komentar

?>