Rabu, 21 Nopember 2018

Masih 2 Juta Jiwa Warga Jatim Belum Rekam e-KTP

Rabu, 22 Februari 2017 12:14:21 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Masih 2 Juta Jiwa Warga Jatim Belum Rekam e-KTP

Surabaya (beritajatim.com) - Ada sebanyak 30.330.291 jiwa masyarakat Jatim yang wajib e-KTP. Dari jumlah itu, warga yang sudah melakukan perekaman sebanyak 28.202.350 jiwa. Artinya, masih ada sebanyak 2.127.941 jiwa belum melakukan perekaman e-KTP. Mereka tersebar terbanyak di Jember, Kabupaten Malang, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

"Dari jumlah 28.202.350 jiwa yang telah perekaman, mereka yang sudah pencetakan e-KTP ada 27.161.282 jiwa dan yang belum cetak 1.041.068 jiwa. Ini karena blangko untuk cetak e-KTP masih kosong sejak Oktober 2016 hingga saat ini. Itu tanggung jawab pusat untuk pengadaan blangko. Infonya masih tender," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Lies Idawati melalui Kabid Kependudukan Pujo Irianto kepada beritajatim.com, Rabu (22/2/2017).

Menurut dia, bagi mereka yang sudah melakukan perekaman e-KTP tapi belum tercetak, bisa meminta surat keterangan (suket) yang berlaku enam bulan dari Dispenduk Capil kabupaten/kota setempat.

Mengapa masih banyak warga Jatim yang belun melakukan perekaman? Ini karena banyak penduduk yang pindah alamat, tidak melapor ke aparat kecamatan, bekerja maupun sekolah di luar negeri dan adanya data ganda. "Penghapusan data ganda dari pusat yang masih belum tertuntaskan. Ini karena servernya kan ada di pusat," jelasnya.

Bagi mereka yang e-KTPnya masih ada keterangan masa berlaku habis, telah diantisipasi dengan SE Mendagri yang otomatis berlaku seumur hidup.

"Kami akan terus melakukan perekaman sampai semua masyarakat Jatim memiliki e-KTP. Kami harus jemput bola ke rumah bagi penduduk yang sakit, ke sekolah, mall dan desa atau kelurahan. Melakukan perekaman sistem berkelompok di RT/RW dan desa. Semua pelayanan adminduk gratis tidak dipungut biaya sepeserpun," pungkasnya. [tok/but]

Tag : ktp

Komentar

?>