Jum'at, 21 Juli 2017

Kasus Antasari Azhar vs SBY

Antasari Mengaku Belum Dipanggil Bareskrim

Senin, 20 Februari 2017 09:14:22 WIB
Reporter : -
Antasari Mengaku Belum Dipanggil Bareskrim

Jakarta (beritajatim.com) - Mantan Ketua KPK Antasari Azhar mengaku hingga kini belum menerima undangan pemeriksaan sebagai pelapor pasca melaporkan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Polri.

"Belum (ada panggilan sebagai pelapor)," katanya, Minggu (19/2/2017).

Ia pun mengaku sama sekali tindak mengetahui progres laporan yang dibuatnya itu sudah di tahap apa. Yang pasti iya tetap akan menunggu panggilan polisi untuk menjelaskan maksud laporannya itu. "Tanya penyidik dong. Ya iyalah (tunggu progres laporan)," tegasnya.

Kuasa Hukum Antasari Azhar Boyamin Saiman juga mengatakan hal yang sama. Ia mengaku sebagai kuasa hukum ia juga belum mendapat informasi kapan kliennya itu akan diperiksa sebagai pelapor kasus dugaan kriminalisasi.

"Saya belum dapat kabar. Semoga besok aku bisa lacak. Besok baru update. Aku sekarang di Solo, jadi belum bisa kasih info," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Antasari melaporkan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Polri, Selasa (14/2/2017). Antasari melaporkan dugaan kriminalisasi terhadap dirinya terkait pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen.

Setelah itu, Kuasa Hukum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga secara resmi melaporkan Antasari Azhar ke Bareskrim Polri di hari yang sama.

Kuasa Hukum SBY, Didi Irawadi Syamsuddin mengatakan, Antasari dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik karena menyebut SBY sebagai aktor di balik kasus kriminalisasi pembunuhan Nasruddin Zulkarnain.

"Kami mewakili Pak SBY hari ini menyampaikan surat laporan pencemaran nama baik yang dilakukan saudara Antasari Azhar," kata Didi Irawadi di Bareskrim, Selasa (14/2/2017).

Bareskrim Polri mengaku telah menerima dua laporan masing-masing dari mantan Ketua KPK Antasari Azhar dan presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

"Ya, menerima laporannya. Kemarin ada laporan, kita terima, nanti kita teliti dan kita dalami. (Penanganan keduanya) sama saja," ujar Kabareskrim Polri, Komjen Ari Dono di Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Setelah laporan diteliti polisi akan menunjuk tim penyidik yang menangani perkara tersebut. Kemudian tim melakukan gelar perkara kecil. Selanjutnya penyidik akan memanggil Antasari Azhar dan SBY dalam kapasitasnya masing-masing sebagai pelapor.

"Pelapor pasti kita panggil. Kita minta keterangan yang bersangkutan, yang melaporkan, apa maksud laporannya, kronologinya seperti apa, buktinya apa. Nanti kita gelar lagi," ujar dia. [inilah.com]

Komentar

?>