Jum'at, 17 Agustus 2018

KIPP Duga Ada Pelanggaran Pilwali Batu

Minggu, 12 Februari 2017 09:50:51 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
KIPP Duga Ada Pelanggaran Pilwali Batu
KIPP Jatim: KIPP Jatim duga terjadi pelanggaran Pilwali Batu. [Foto: tito/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)-- Pesta demokrasi pemilihan walikota dan wakil walikota Batu 2017 telah memasuki tahapan masa kampanye.

Namun tak jarang dalam penyampaian visi dan misi yang disampaikan oleh para kandidat lewat tatap muka dengan para warga atau calon pemilih dinodai dengan tindakan tak sportif.

Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur menduga ada beberapa indikasi pelanggaran kampanye atau money politics di Kota Batu yang dilakukan oleh tim pemenangan salah satu calon.

"Atas laporan masyarakat, kami menemui praktik money politics yang dilakukan calon tertentu yang akan mengikuti pemilihan pada 15 Februari 2017 mendatang," ungkap Ketua KIPP Jatim Novli Bernado Thyssen kepada wartawan di kantornya, di Jalan Bratang Gede V/A, Sabtu (11/2/2017).

Ia menjelaskan bahwa praktik tersebut dilakukan saat kampanye tatap muka bersama para warga. Bentuknya, memobilisasi aparatur desa untuk tujuan politis mengajak warga memilih pasangan calon walikota dan wakil walikota nomor urut tertentu.

Mengetahui hal tersebut, KIPP sebagai lembaga pemantau pemilu yang tersertifikasi melaporkan atas tindakan dugaan kecurangan kepada instansi berwenang. [air/ito]

Tag : pilwali batu

Komentar

?>