Rabu, 22 Nopember 2017

Maimunah Tak Pulang Lima Tahun dari Malaysia

Minggu, 29 Januari 2017 23:07:06 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Maimunah (34), warga Dusun Paluombo, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember menghilang dan tak pulang selama lima tahun dari Malaysia.

"Dia diajak bekerja ke Malaysia oleh Ans, setelah anak saya itu pulang dari Bali. Ans ini mengiming-imingi uang Rp 1,5 juta," kata Nami, ibu Maimunah.

Selama tahun pertama bekerja di Malaysia, Maimunah masih sering menelepon keluarga di Jember. "Setelah enam bulan bekerja, dia mengirimkan uang Rp 400 ribu untuk anak-anaknya," kata Nami.

Lima bulan berikutnya, Maimunah mengirim Rp 875 ribu dan lima bulan berikutnya mengirim Rp 1,5 juta. "Setelah itu tak ada kabar. Ans sendiri tak bisa menjawab bagaimana kondisi Maimunah," kata Nami.

"Kami menduga Maimunah ini menjadi korban perekerutan oleh perorangan yang dilarang Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004," kata Direktur Perkumpulan Migrant Aid Indonesia M. Kholili.

Kholili yakin, karena lima tahun lalu moratorium pengiriman TKI mulai dilaksanakan. Artinya, tak ada pengiriman resmi tenaga kerja ke Malaysia dari Indonesia. "Kami meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi proaktif mengatasi ini," katanya. [wir/kun]

Tag : tki jember

Komentar

?>