Selasa, 12 Desember 2017

Pemkot Surabaya Terima 600 Tamu Kapal Pesiar Asal Amerika

Rabu, 11 Januari 2017 21:16:10 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
Pemkot Surabaya Terima 600 Tamu Kapal Pesiar Asal Amerika

Surabaya (beritajatim.com) - Sebanyak 600 penumpang dan 450 kru kapal pesiar MS. Seabourn Encore asal Amerika berkunjung ke kota Surabaya, Rabu (11/1/2017).

Kota Surabaya dianggap memiliki daya tarik tersendiri bagi para tamu asing dalam pelayaran dari Amerika ke Asia Tenggara.

"Mereka adalah tamu asing dari kapal pesiar asal Amerika, mereka kesini dalam perjalanan keliling dunia dan mampir di Surabaya," ujar Kabid Promosi Wisata Dinas Pariwisata Surabaya Dayu Kade Asritami, Rabu (11/1/2017).

Dayu juga menjelaskan, salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Balai Kota Surabaya. Dalam kunjungan ke Balai Kota Surabaya ini, ada 86 orang yang berkunjung.

Mereka merupakan tamu asing yang memilih City Tour dengan rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya-HOS-Monkasel-Jalan Kayoon-Balai Kota Surabaya-Patung Joko Dolog-pelabuhan.

"Ada dua City Tour yang ditawarkan, selain rute berkunjung ke Balai Kota, terdapat rute lainnya yang mengunjungi kawasan Wisata Mangrove. Sedangkan untuk wisatawan yang memilih berkunjung ke Wisata Mangrove berjumlah 40 orang," ujar Dayu.

Menurut Dayu, pengenalan Balai Kota Surabaya yang menjadi cagar budaya dan digunakan sebagai pusat pemerintahan kota, menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu asing.

"Responnya positif, operator kapal pesiar juga sangat antusias bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, karena satu-satunya kota yang sangat ramah dalam menyambut tamu," ujar Dayu.

Setibanya di Balaikota, para wisatawan tersebut disambut dengan Tarian lenggang Surabaya dan tarian Reog lengkap dengan sepasang dadak merak.
Selain itu, para wisatawan asing ini juga diberikan sajian khas Surabaya, mulai dari Kelepon, hingga sinom. Sembari menikmati makanan tersebut, mereka berkeliling gedung peninggalan Belanda yang kini difungsikan sebagai gedung pemerintahan.

"Saya sangat senang berada di Surabaya, orang-orangnya menyenangkan, kotanya sangat bagus dan kami menikmati waktu kami untuk berkunjung kesini," kata Ann Marie Solomon, salah satu penumpang kapal MS. Seabourn Encore saat berkunjung di Balai Kota Surabaya.

Dia juga mengatakan sangat tertarik dengan bangunan Balai Kota. Menurutnya ini merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Lokasi lain yang menarik selain Balai Kota Surabaya, menurut Marie, adalah saat berkunjung melihat patung Suro dan Boyo yang menjadi simbol Kota Surabaya.

"Surabaya sangat panas, tapi menyenangkan sekali untuk berkunjung melihat patung itu," ujarnya.

Sementara itu, Bill dari Seattle, Amerika, mengatakan dirinya sangat menyukai jamuan terima tamu saat kapal pertama kali bersandar di Surabaya.

"Saya datang kemari bersama dengan istri saya, kami menyukai gedung ini (Balai Kota Surabaya,red), terima kasih sudah menjamu saya. Saya menikmati kunjungan ini" katanya.

Dia bercerita, ini pertama kali dirinya berkunjung ke Indonesia. Setelah ini, kata Bill, dirinya akan melanjutkan perjalanan terakhir ke Bali sebelum kembali ke negaranya.

"Pertama kali saya mengunjungi Dubai, India, Singapura, Surabaya kemudian Bali. Setelah itu saya terbang dari Jakarta menuju Dubai lalu kembali ke Seattle," ujarnya.(rif/ted)

Komentar

?>