Jum'at, 20 Januari 2017

Pimpinan DPRD Jember Pernah Ingatkan Bupati Segera Lantik Sekda

Rabu, 11 Januari 2017 14:54:34 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Pimpinan DPRD Jember Pernah Ingatkan Bupati Segera Lantik Sekda
Foto Ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni mengatakan, pihaknya pernah mengingatkan Bupati Faida agar segera melantik sekretaris daerah definitif. Saat ini Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bambang Hariono dipertanyakan keabsahannya, karena belum bisa menunjukkan surat persetujuan pengangkatan dari Gubernur Jawa Timur.

"Saya ingat beberapa kali kami sampaikan. Pertama, pernah disampaikan di ruangan saya. Lengkap ada pimpinan Dewan, bupati, dan wakil bupati. Saya bilang: 'sebaiknya sekda segera didefinitifkan, karena punya peran strategis untuk keberlanjutan roda pemerintahan di Kabupaten Jember. Tapi bupati menunda karena punya strategi lain," kata Thoif.

Namun ternyata Bupati Faida lebih suka memperpanjang masa jabatan Bambang Hariono selaku Pelaksana Tugas Sekda. Bambang ditunjuk menjadi pelaksana tugas pertama kali pada 12 April 2016, yang diperbarui dua kali berturut-turut pada 13 Juli 2016 dan berakhir pada 14 Oktober 2016. Surat terakhir dikeluarkan pada 3 Januari 2017.

Badan Anggaran DPRD Jember lantas meminta kepada Pemkab menunjukkan surat pertujuan gubernur Jawa Timur terhadap penugasan Bambang per 3 Januari 2017, dalam rapat kerja evaluasi Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, Selasa kemarin. "Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 214 ayat 2," kata Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaidi.

Bambang tidak bisa menunjukkannya, dan meminta waktu satu hari untuk mengupayakan. Namun Thoif mengingatkan, bahwa Rabu (11/1/2017) adalah hari terakhir pembahasan evaluasi gubernur. "Kalau tidak ada, konsekuensinya APBD 2017 tidak disahkan dan kita kembali ke APBD 2016. Padahal APBD 2016 dengan organisasi perangkat daerah yang lama. Ini jadi permasalahan baru yang akan memunculkan efek domino ketika ini belum diselesaikan," kata Thoif. [wir/but]

Tag : dprd jember

Komentar

?>