Rabu, 18 Januari 2017

Wawancara dengan Ketua DPC PDIP Jember Tabroni (3-Habis)

PDIP Minta Bupati Jember Sering Berkomunikasi dengan DPRD

Sabtu, 07 Januari 2017 14:27:16 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
PDIP Minta Bupati Jember Sering Berkomunikasi dengan DPRD

Jember (beritajatim.com) - Empat fraksi di DPRD Jember menggulirkan interpelasi terhadap Bupati Faida. Biangnya adalah kebijakan Faida mencopot Farouq dari posisi Sekretaris DPRD Jember tanpa persetujuan parlemen sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016.

Empat partai politik pendukung bupati, yakni PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional, Partai Nasional Demokrat, dan Partai Hati Nurani Rakyat berharap interpelasi tak dilaksanakan. Bagaimana sebenarnya koalisi pendukung bupati memandang mutasi pegawai dan proses interpelasi tersebut?

Berikut bagian terakhir dari tiga bagian wawancara Beritajatim.com dengan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Tabroni, Kamis (5/1/2017) malam.

Apa yang akan dilakukan PDI Perjuangan untuk menghadapi interpelasi?

Kami akan berupaya untuk melakukan komunikasi politik dengan teman-teman Dewan agar hak interpelasi ini tidak jadi dilaksanakan. Kami berharap teman-teman Dewan bisa memahami kebijakan bupati terkait situasi ini. Kami berupaya proses ini tidak diteruskan oleh teman-teman Dewan.

Komunikasi dengan bupati?

Tentunya harapan kami ke depan bupati sering berkomunikasi, paling tidak dengan pimpinan Dewan, agar jalannya pemerintahan di Jember bisa baik, bisa bagus, bisa lancar. Komunikasi yang terjadi selama ini belum berlangsung baik. Mutlak perlu eksekutif-legislatif berkomunikasi secara intensif.

Skenario terburuk jika ternyata interpelasi jalan terus?

Kami tidak membayangkan apa titik akhir proses ini. Kami berupaya agar kawan-kawan Dewan yang punya keinginan melakukan hal tersebut sebagai bagian dari hak yang melekat pada mereka, (tidak melaksanakannya). Tapi kami berpikir bahwa kita memberi kesempatan kepada bupati membangun pemerintahan di awal. Sekali lagi, kami berharap sekali proses ini tidak dilanjutkan. Kami berupaya. Jadi kami tidak memikirkan situasi akhir atau hal terburuk yang akan terjadi. [wir/but]

Komentar

?>