Senin, 24 Juli 2017

Lelang Tak Selesai, Penerbangan Sumenep - Surabaya Off

Kamis, 05 Januari 2017 15:22:17 WIB
Reporter : Temmy P.
Lelang Tak Selesai, Penerbangan Sumenep - Surabaya Off

Sumenep (beritajatim.com) - Penerbangan perintis melalui Bandara Trunojoyo Sumenep terhitung sejak 31 Desember 2016, 'off'.

"Untuk penerbangan perintis di 2017 ini harus menunggu selesainya proses lelang melalui LPSE - ULP wilayah I," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III, Bandara Trunojoyo, Wahyu Siswoyo, Kamis (05/01/2017).

Ia memaparkan, untuk proses lelang memang agak terlambat, karena SK dari Kementerian Perhubungan RI tentang rute penerbangan perintis, baru turun pada minggu ketiga bulan Desember.

"Saat ini dalam proses persiapan lelang. Senin depan sudah mulai bisa dilaksanakan lelang untuk penerbangan perintis. Diharapkan pada akhir Januari proses lelang tuntas, sehingga penerbangan perintis bisa dimulai kembali," ujarnya.

Berdasarkan SK Kementerian Perhubungan RI, rute penerbangan perintis 2017 melalui Bandara Trunojoyo adalah Sumenep - Surabaya PP, Surabaya - Bawean PP, dan Surabaya - Karimunjawa PP.

"Frekuensi penerbangan seluruh rute itu dua kali setiap minggu, selama 1 tahun anggaran 2017," terangnya.

Ia menjelaskan, ada satu rute yang dilepas dari rute penerbangan perintis 2017, yakni Semarang - Karimunjawa. Pertimbangannya karena rute tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk penerbangan komersil.

"Jumlah penumpang untuk rute Semarang - Karimunjawa selalu terpenuhi 100 persen. Bahkan kadang lebih. Karenanya, rute itu dilepaskan dari penerbangan perintis, dan diharapkan bisa diganti dengan penerbangan komersil," ungkapnya.

Sementara untuk rute lain, imbuh Wahyu, masih dalam taraf pemancingan minat masyarakat menggunakan moda transportasi udara. Selama ini jumlah penumpang untuk rute Sumenep - Surabaya PP, rata-rata 30-40 persen.

"Yang ramai itu rute Surabaya - Bawean. Prosentasenya antara 100-125 persen. Jadi tiap penerbangan selalu 'full'," terangnya. (tem/kun)

Komentar

?>