Jum'at, 22 September 2017

Tutup Tahun, Pemkot dan Pemkab Mojokerto Mutasi 1.272 PNS

Kamis, 29 Desember 2016 22:21:59 WIB
Reporter : Misti P.
Tutup Tahun, Pemkot dan Pemkab Mojokerto Mutasi 1.272 PNS

Mojokerto (beritajatim.com) - Menjelang tutup tahun 2016, mutasi besar-besaran akan dilakukan baik di lingkup Pemkot maupun Pemkab Mojokerto, Jumat (30/12/2016) besok. Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di dua pemda yang bakal dimutasi tersebut sebanyak 1.272 orang, PNS Pemkot sebanyak 512 orang dan PNS Pemkab sebanyak 760 orang.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Mojokerto, Heryana Dodi Murtono  mengatakan, Pemkot menggelar mutasi PNS pasca merger satuan kerja (satker). "Pembentukan perangkat daerah harus menyesuaikan dengan pemberlakuan PP No 18/2016 tentang perangkat daerah mulai awal 2017," ungkapnya, Kamis (29/12/2016).

Masih kata Dodik, mutasi harus dilakukan untuk menyiapkan PNS dalam layanan publik setelah tahun baru nanti sehingga gerbong mutasi harus dilakukan sebelum tahun baru. Dari total 3.128 orang PNS di Kota Mojokerto, Wali Kota bakal memutasi sekira 512 orang PNS yang mengisi posisi di 26 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Karena ada perubahan SKPD, baik yang dimerger maupun dihapus. Ada dua SKPD baru yakni Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah dan Dinas Komunikasi dan Informatika. Dua SKPD dimerger yakni Kantor Lingkungan Hidup dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan menjadi Dinas Lingkungan Hidup," katanya.

Ada satu SKPD yang dihapus yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM). Dodik menjelaskan, jabatan Asisten Sekretaris Kota (sekkota) juga ada penambahan. Mereka yang dimutasi akan mengisi pos-pos kosong yang ada di masing-masing SKPD tersebut.

Sementara itu, hal serupa juga akan dilakukan Pemkab Mojokerto. Bupati Mojokerto, Mustafa Kemal Pasa mengaku, juga akan menggelar mutasi besar-besaran pada hari kerja terakhir sebelum pergantian tahun yakni Jum'at (29/12/2016). "Hampir semuanya akan dimutasi untuk mengisi jabatan kosong yang ditinggalkan PNS pensiun," ujarnta.

Selain itu, lanjut Bupati, ada merger beberapa SKPD. Namun Bupati menegaskan, mutasi kali ini tidak ada PNS yang non job. Menurut orang nomor satu di Kabupaten Mojokerto ini, hal tersebut dilakukan agar proses pelayanan publik tetap berjalan maksimal.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mojokerto, Susantoso menambahkan, dari 9.088 orang PNS di Kabupaten Mojokerto, ada 760 PNS yang bakal dimutasi. "Sebanyak 33 PNS eselon II, 175 PNS eselon III dan 552 PNS eselon IV. Kami masih tentukan waktu mutasi. Namun yang pasti memang Jumat besok," tegasnya.[tin/ted]

Tag : mutasi

Komentar

?>