Selasa, 30 Mei 2017

Tahun Depan, DPRD Jember Bahas Tujuh Raperda Inisiatif

Selasa, 27 Desember 2016 19:10:32 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Tahun Depan, DPRD Jember Bahas Tujuh Raperda Inisiatif

Jember (beritajatim.com) - Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Jember mengagendakan pembahasan tujuh rancangan peraturan daerah tahun depan.
 
"Ada 32 program legislasi daerah (prolegda) dari semua fraksi. Saya mengusulkan sepuluh raperda. Tapi khawatir tak terkover semua, maka disepakati tujuh raperda," kata Ketua Bapemperda DPRD Jember Siswono, Selasa (27/12/2016).

Tujuh raperda itu antara lain raperda perlindungan lahan pertanian yang sempat ditunda, raperda pengendalian minuman keras dan narkoba, raperda perlindungan gumuk, raperda kota ramah perempuan dan anak, raperda revisi perda tentang buruh migran, raperda hari jadi Kabupaten Jember, dan raperda hibah dan bantuan sosial.

"Hari jadi Kabupaten Jember masih polemik. Sementara raperda revisi perda buruh migran masih dibicarakan bersama antara pimpinan DPRD dan tim ahli, seperti apa tingkat kebutuhannya di Jember," kata Siswono.

Sementara itu, raperda perlindungan lahan pertanian untuk mengantisipasi maraknya alih fungsi lahan. Siswono mengatakan, saat ini bermunculan pengembang perumahan di Jember. "DPRD perlu membuat perlindungan terhadap lahan pertanian, agar pengembang perumahan tak seenaknya. Jadi bisa diketahui mana lahan yang layak dilindungi," katanya.

DPRD Jember akan mendengar pendapat dari tim ahli. "Finalisasinya Rabu pagi (28/12/2016). Nanti saya kabari perkembangannya," kata Siswono.

Siswono berjanji akan mencoba menyiasati waktu agar pembahasan raperda berjalan efektif. Namun dia juga ingin agar pemeirntah daerah menyosialisasikan perda-perda inisiatif yang sudah disahkan tahun ini. [wir/suf]

Komentar

?>