Jum'at, 22 September 2017

Jelang Penerbangan Komersil

Bandara Trunojoyo Siapkan Terminal Keberangkatan dan Kedatangan

Rabu, 07 Desember 2016 15:16:50 WIB
Reporter : Temmy P.
Bandara Trunojoyo Siapkan Terminal Keberangkatan dan Kedatangan

Sumenep (beritajatim.com) - Menjelang penerbangan komersial, Bandara Trunojoyo Sumenep mulai melakukan sejumlah pembenahan. Diantaranya, rekayasa terminal bandara.

"Yang ada kan masih terminal sederhana. Sekarang kami benahi, ada ruang untuk terminal keberangkatan dan kedatangan yang sudah dipisah," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Rabu (07/12/2016).

Ia menjelaskan, untuk terminal standar bandara, seharusnya di terminal keberangkatan ada tahap 'screening' terhadap penumpang. Sedangkan di terminal kedatangan, ada pengambilan bagasi.

"Nah, saat ini kami tengah mencoba membuat terminal sederhana di Bandara Trunojoyo menjadi terminal dengan standar bandara pada umumnya. Selain itu, kami juga memasang CCTV dan 'speaker announcement' yang menginformasikan keberangkatan pesawat," paparnya.

Ia menjelaskan, sembari melakukan rekayasa terminal, pihaknya juga tengah melakukan pembenahan 'apron' (pelataran parkir pesawat).

"Semoga saja di bulan Januari sudah ada pesawat penerbangan komersil yang bersedia memanfaatkan Bandara Trunojoyo. Mengingat kemarin ada dua maskapai yang tertarik dan saat ini tengah melakukan survei," terangnya.

Pada tahun 2016, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memprogramkan perpanjangan dan pelebaran 'runway' (landasan pacu) dan membangun 'apron' (pelataran parkir pesawat) di Bandara Trunojoyo. Landasan pacu pesawat yang sebelumnya 1.130 meter x 23 meter ditambah menjadi 1.600 meter x 30 meter.

Pengerjaan pengembangan Bandara Trunojoyo tersebut, telah selesai dikerjakan pada Oktober 2016.[tem/ted]

Komentar

?>