Jum'at, 22 September 2017

Bangun Bandara Kangean, APBD Jatim Siapkan Rp 39 Milyar

Kamis, 24 Nopember 2016 19:24:56 WIB
Reporter : Temmy P.
Bangun Bandara Kangean, APBD Jatim Siapkan Rp 39 Milyar

Sumenep (beritajatim.com) -  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur tahun 2017 telah mengalokasikan dana sebesar Rp 39 milyar untuk pembangunan Bandara Kangean, Kabupaten Sumenep.

"Anggaran Rp 39 milyar itu merupakan dana awal untuk kepentingan pembebasan lahan dan pembangunan infrastuktur yang memadai," kata anggota Badan Anggaran DPRD Jawa Timur, Abd. Halim.

Politisi Gerindra ini berada di Sumenep pada Kamis (24/11/2016), dalam rangka memanfaatkan masa reses sebagai anggota DPRD Jawa Timur Daerah Pemilihan Madura.

"Bandara Kangean ini memang diambil alih provinsi, untuk percepatan pengembangannya. Ini belajar dari pengalaman pengelolaan Bandara Abdurrachman Saleh, Malang," ujar Halim.

Ia yang juga Ketua Fraksi Gerinda DPRD Jawa Timur tersebut memaparkan, berdasarkan aspirasi masyarakat Pulau Kangean yang disampaikan ke DPRD Jawa Timur, warga setempat sangat membutuhkan moda transportasi yang cepat dan tidak terkendala ombak besar.

"Selama ini kalau terjadi cuaca buruk seperti ombak besar dan angin kencang, tidak ada kapal yang berangkat ke Pulau Kangean. Nah ini kerap dikeluhkan masyarakat. Karena itu, harus ada alternatif alat transportasi yang lain, yakni pesawat udara yang melayani Sumenep - Pulau Kangean," paparnya.

Pulau Kangean merupakan salah satu wilayah kepulauan di Sumenep. Dalam kondisi cuaca laut normal, untuk menuju Pulau Kangean dari Pelabuhan Kalianget, diperlukan waktu tempuh 10 jam jika menggunakan kapal biasa (kapal besi), dan 3,5 jam menggunakan kapal cepat berbahan dasar fiber.

"Pembangunan Bandara Kangean menjadi salah satu program prioritas di Jawa Timur, karena keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat. Kalau sudah ada jalur transportasi udara, tentu saja akan memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk menuju pulau tersebut," ucapnya. (tem/kun)

Komentar

?>