Rabu, 28 Juni 2017

Duh! Tiap Kecamatan di Kabupaten Kediri Terdapat Puluhan Pecandu Narkoba

Rabu, 19 Oktober 2016 16:33:22 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Duh! Tiap Kecamatan di Kabupaten Kediri Terdapat Puluhan Pecandu Narkoba

Kediri (beritajatim.com) - Angka kecanduan terhadap narkoba dan obat-obatan terlarang di Kabupaten Kediri terbilang sangat tinggi. Hal ini diketahui setelah Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat berhasil mendeteksi tiap-tiap kecamatan terdapat sedikitnya 20 orang pecandu narkoba.

"Untuk angka pecandu narkoba ini sangat luar biasa. Hampir di seluruh kecamatan berhasil kita temukan. Kisarannya antara 20 hingga 75 orang pecandu," kata Toni Sugianto dalam acara Workshop Pengembangan Kapasitas Pemberdayaan Penggiat Anti Narkoba di lingkungan masyarakat kepada para anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri.

Menurut Toni, terjadi pandangan keliru di kalangan masyarakat yang menganggap bahwa narkoba memiliki efek positif untuk menambah stamina dalam bekerja. Padahal, narkoba dan obat-obatan terlarang justru merusak kesehatan dan menghancurkan masa depan

Sementara itu, berdasarkan analisa terpadu yang dilakukan BNN, angka pecandu narkoba ini didominasi oleh lulusan SLTP dan bukan pelajar aktif. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan dan sosialisasi ke berbagai kalangan.

Sosialisasi dan pencegahan ini menyasar ke instansi pemerintah, swasta dan juga lingkungan pendidikan. Hingga saat ini BNN sudah mendatangi sedikitnya 60 hingga 70 desa dari jumlah total 334 desa di Kabupaten Kediri.

Diakui oleh Toni upaya pemberantasan narkoba tidak bisa dilakukan BNN sendiri. Sebab, selain ketebatasan jumlah personil yang dimiliki, peran serta semua pihak sangat diperlukan. Pihaknya berharap masyarakat ikut serta memerangi narkoba dengan memberikan informasi pengguna maupun pengedar narkoba kepada petugas, untuk dilakukan penindakan tegas. (nng/ted)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>