Rabu, 26 Juli 2017

NasDem Sepakat Perubahan UU Pendidikan Dokter

Rabu, 28 September 2016 10:26:39 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
NasDem Sepakat Perubahan UU Pendidikan Dokter

Jakarta (beritajatim.com)--Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dari Fraksi NasDem Yayuk Sri Rahayuningsih mengatakan, fraksinya sangat mendukung perubahan Undang-Undang Pendidikan Dokter (UU Dikdok).

"Saya secara pribadi dan Fraksi NasDem sangat mendukung perubahan UU Pikdok yang harus sinkron dengan praktek kedokteran," ujar Yayuk, Selasa (27/9/2016).

Hal tersebut disampaikan Yayuk pada saat Baleg beraudiensi tentang UU Pendidikan Kedokteran dengan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PP PDUI).

Menurut Yayuk, dalam UU 20/ 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, ada ketidaksinkronan dengan UU yang mengatur praktik dokter maupun UU Kesehatan sendiri.

"Intinya saya sangat UU Dikdok ini diubah karena tidak sesuai dengan dua UU lainnya," tegas Yayuk yang juga seorang dokter.

Kendati begitu, legislator dapil VII Jawa Timur ini menanyakan keterlibatan himpunan dokter dalam tiap proses penyusunan naskah akademik UU.

"Nah, ini saya ingin tanya, soal mekanisme dulu ya. Biar kita tidak suka merubah, merubah dan merubah terus. Apakah dalam penyusunan naskah akademik, baik PDUI, IDI, atau organisasi kedokteran lainnya dilibatkan tidak," ujarnya.

Yayuk beralasan, jika dilibatkan, selama lima tahun undang-undang diberlakukan secara otomatis akan mengundang gejolak, tidak muncul baru-baru sekarang ini. Selain itu, mestinya para himpunan dokter memberikan rekomendasi pada Kemenkes atau instansi yang mengambil kebijakan.

Sementara itu, audiensi Baleg dengan PP PDUI menghasilkan tiga kesimpulan. Pertama, secara filosofis, sosiologis, dan yuridis program pendidikan Dokter Layanan Primer (DLP) tidak layak dipertahankan di dalam UU Dikdok.

Kedua, legislatif perlu melakukan review secara komprehensif terhadap UU Dikdok, terutama dalam peraturan terkait dokter umum/primer dan uji kompetensi dokter.

Ketiga, penguatan dokter umum/primer tidak perlu dengan pendidikan formal. Tetapi cukup dengan optimalisasi CPD (continuing professional development) yang sistematis dan terstruktur. [air]

Tag : nasdem

Komentar

?>