Jum'at, 22 September 2017

Ditarget November 2016

Perpanjangan 'Runway' Bandara Trunojoyo Capai 70 Persen

Selasa, 21 Juni 2016 18:45:13 WIB
Reporter : Temmy P.
Perpanjangan 'Runway' Bandara Trunojoyo Capai 70 Persen

Sumenep (beritajatim.com) - Pengerjaan proyek pengembangan Bandara Trunojoyo Sumenep secara umum telah mencapai 75 persen. Pengembangan bandara tersebut meliputi perpanjangan 'runway' atau landasan pacu, dan pembangunan 'apron' atau pelataran parkir pesawat.

"Untuk pembuatan 'apron', pengerjaannya sudah 80 persen. Sedangkan untuk perpanjangan 'runway' sekitar 70 persen. Insya Allah pengerjaan ini bisa selesai sesuai target, yakni awal November," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Wahyu Siswoyo di Sumenep, Jawa Timur, Selasa (21/06/16).

Ia mengaku bersyukur, relatif tidak ada kendala berarti dalam pengerjaan proyek pengembangan bandara tersebut. Kendala cuaca seperti turunnya hujan maupun kendala teknis lainnya tidak sampai mengganggu pengerjaan proyek.

"Alhamdulillah pengerjaan pengembangan bandara ini lancar. Ya mudah-mudahan saja bisa selesai lebih cepat dari target, hingga kami bisa lanjutkan dengan 'action' berikutnya," ujarnya.

Lebih lanjut Wahyu memaparkan, setelah pengerjaan proyek selesai, akan dilakukan evaluasi teknis dari Kementrian Perhubungan. Dalam evaluasi tersebut, akan dilakukan verifikasi untuk melihat apakah sudah layak atau tidak untuk dioperasikan.

"Dari verifikasi itu, nanti Kemenhub akan menerbitkan sertifikat uji kelayakan. Kalau dinyatakan layak, maka 'apron' dan 'runway' bandara sudah bisa dioperasikan awal 2017," ucapnya.

Saat ini Bandara Trunojoyo memiliki 'runway' atau landasan pacu pesawat sepanjang 1.130 meter dengan lebar 23 meter. Pada tahun ini, Kemenhub mengalokasikan dana sebesar Rp 25,9 miliar lebih untuk perpanjangan dan pelebaran landasan pacu menjadi 1.600 meter x 30 meter.

Sementara dana pembuatan 'apron' atau pelataran parkir pesawat di Bandara Trunojoyo sebesar Rp 7,8 miliar lebih. [tem/but]

Komentar

?>