Kamis, 22 Juni 2017

Pimpin Penertiban PKL, Wabup Jember Belum Pastikan Relokasi

Senin, 11 Agustus 2014 11:47:07 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com)--Wakil Bupati Jember, Jawa Timur, Kusen Andalas akan memimpin langsung penertiban pedagang kaki lima (PKL) sekitar Pasar Tanjung di jantung kota pada 7 September 2014. Namun, ia belum bisa memastikan solusi yang sesuai untuk para PKL.

"Minimal tetap (dengan pembatasan) jam (berdagang) seperti dulu. Kalau masalah relokasi, kami belum bisa memastikan," kata Kusen.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember memberi tenggat kepada para pedagang kaki lima (PKL) di tiga titik itu, yakni Jalan dr. Wahidin, Jalan Samanhudi dan Jalan Untung Suropati untuk membongkar lapak usai Lebaran, selambatnya 7 September 2014. Selama ini kemacetan terjadi di tiga titik itu, karena PKL yang semrawut dan menguasai trotoar.

Menurut Kusen, muncul keluhan soal pasar tumpah. "Kami sudah berdiskusi dengan dinas terkait, dan akan memberi masukan solusi kepada Pak Bupati bahwa Jember perlu pasar induk atau pasar basah," katanya.

Kusen berharap tidak ada perlawanan dari PKL dalam penertiban 7 September. Pemkab hanya menjalankan peraturan daerah yang disahkan pada 2008. "Kami sudah menugaskan Satpol PP dan Dinas Pasar untuk ketemu, berdiskusi, bermusyawarah dengan pedagang. Dulu kan sudah saling bisa memahami," katanya.

Kusen juga meminta kepada Dinas Pasar untuk membuat pemetaan. "Kami akan rapat dengan dinas terkait dan instansi vertikal terkait penyelesaian itu. Kami akan minta Dinas Pasar memberi opsi-opsi solusi," katanya. [wir/air]

Tag : pkl jember

Komentar

?>