Politik Pemerintahan

Wujudkan Eco City, Surabaya Segera Punya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Surabaya (beritajatim.com) – Demi mewujudkan Surabaya sebagai Eco City, gagasan Pemkot Surabaya untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Benowo akan segera terwujud.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku telah menerima laporan mengenai progres pembangunan PLTSa di Benowo. Kini, prosesnya sudah mencapai 80 hingga 90 persen. Setelah rampung, pemkot akan menandatangani kontrak dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan investor.

“Sudah 80 persen. Tapi katanya Pak Eri (Kepala Bappeko) sudah 90 persen progres (pembangunannya) di TPA Benowo atau PLTSa Benowo. Kita tinggal kontrak antara PT SO investornya PLTSa dengan PLN,” kata Risma, Kamis (18/7/2019).

Rencana pembangunan PLTSa pun disebut mendapat lampu hijau bahkan dukungan dari Presiden Joko Widodo. Menurut Risma, Jokowi secara langsung memerintahkan PLN untuk segera menindaklanjutinya. “Kemarin Pak Presiden bahkan sudah memerintahkan PLN untuk segera tindaklanjut,” beber wali kota dua periode itu.

Lebih lanjut,┬áRisma┬ámenargetkan PLTSa bisa dioperasikan pada November 2019. Sebab, pihak PLN telah menyampaikan kontrak akan rampung pada bulan ini. “PLN (sudah) menyampaikan, mudah-mudahan Juli ini kelar. Kalau kelar, November akan diresmikan,” pungkas Risma. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar