Politik Pemerintahan

Warung Upnormal Bantah Langgar Perizinan Pemkot Malang

Malang (beritajatim.com) – Satpol PP Pemerintah Kota Malang melakukan penertiban rutin ke sejumlah kafe, salah satunya Warung Upnormal di Jalan Borobudur, Kota Malang. Kafe ini diduga tak memiliki perizinan dari Pemkot setempat.

Juru bicara Warung Upnormal, Vidi Bagus Prasetyo membantah tempat usahanya melanggar aturan perizinan. Pihaknya saat ini sudah melakukan pengajuan proses di DPM-PTSP (Dinas Penanaman Modal – Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Pemkot Malang.

“Memang benar didatangi Satpol PP. Menanyakan perizinan, namun kami sudah memprosesnya mulai Januari 2018, tapi belum selesai. Tidak tahu apa kendalanya,” kata Vidi, Rabu (16/1/2019).

Vidi mengaku tak mengetahui pasti kenapa perizinan belum segera keluar. Pihaknya memastikan telah mengurus Tanda Daftar Usaha Kepariwisataan dan reklame. Namun surat perzinan belum keluar hingga saat ini.

“Perlu diketahui, pajak reklame sudah terbayarkan lunas, dan izin lingkungan juga sudah kami urus. Kami akan berkomunikasi lagi apa kendalanya. Sebab, kami diberi waktu 1,5 bulan untuk merampungkan proses perizinan tersebut,” papar Vidi.

Kasatpol PP Kota Malang Priyadi mengatakan, pihaknya hanya bertugas menjalankan kwajiban penertiban perizinan di Kota Malang. Untuk saat ini pihaknya memberi waktu pembinaan selama 15 hari agar kafe-kafe di Kota Malang mengantongi izin.

“Untuk Warung Upnormal, kami lakukan proses pembinaan selama 15 hari, agar segera melengkapi perizinannya. Jika belum melengkapi, maka akan ada surat teguran 1, 2 dan 3. Kemudian kita lakukan langkah tipiring serta penyegelan. Jika sudah lengkap boleh beroperasi,” ucap Priyadi.

Sedangkan, Kepala DPM – PTSP Kota Malang, Subkhan mengatakan semua tempat usaha kafe di Kota Malang wajib mengantongi perizinan. Warung Upnormal hingga saat ini belum mengantongi perizinan. Oleh sebab itu pihaknya mengimbau pengelola kafe  segera melakukan pengurusan izin.

“Bukan hanya Warung Upnormal, semua badan usaha yang melanggar perizinan perlu ditertibkan. Kami pastikan perizinan milik Warung Upnormal belum ada, berdasarkan data yang ada di kami,” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar