Politik Pemerintahan

Walikota Probolinggo Parkir Mobdin Miliknya Selama Cuti Lebaran

Probolinggo (beritajatim.com) – Tak mau berapologi, menanggapi edaran KPK tentang kewajiban menonaktifkan mobil dinas (mobdin) selama cuti lebaran, Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, memarkir kendaraan dinas-nya di kantor walikota setempat, Senin (3/6/2019).

Persis sekitar pukul 15:00 wib, tanpa ajudan dan protokoler, Walikota Hadi, tiba di kantor-nya di JL .PB. Sudirman, Kota Probolinggo. Pria genap berusi 40 tahun itu, mengemudikan sendiri mobdin Nissan Elegrand, nopol N 1 RP, dan langsung memakirkannya di garasi vip berjejer dengan mobdin wakil walikota.

“Tak perlu banyak bicara. Langsung tindakan. Memang sudah kewajiban
Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang gunakan fasilitas negara selama cuti lebaran,” kata Hadi, yang datang ke pomkot dengan setelan sarung dan baju koko itu.

Usai memarkir mobdin-nya, Hadi, juga menyempatkan diri mengecek jumlah kendaraan dinas OPD yang sudah lebih dulu dikandangkan penggunanya sejak pagi. “Jumlahnya seratus lebih ya. Dan ini sudah saya cek. Alhamdulillah ASN patuh aturan,” lanjut walikota.

Menurut Hadi, pengandangan mobdin akan berlangsung selama cuti lebaran berakhir. “Tolong teman2 wartawan kasih masukan langsung ke saya kalau masih ada mobdin Pemkot Probolinggo, yang nylonong dijalanan dimasa cuti lebaran,” pungkasnya seraya meninggalkan kantor pemkot menggunakan mobil jemputan pribadinya.

Menanggapi pengandangan mobdin ASN, Totok Sugiharto, pengamat pemerintahan mengatakan, prilaku disiplin walikota, menunjukkan itikad baik abdi negara terhadap konstitusi.

“Dia (walikota, red.) sadar sebagai leader dan abdi negara, harus patuh aturan. Dia juga paham menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi selain melanggar aturan juga bisa menciderai kepercayaan rakyanya,” ujar Dekan Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo itu.

Ia berharap, walikota tidak mentolerir bawahannya yang bandel. “Walikota tak banyak omong. Langsung pada tindakan. Contoh yang baik,” tutup dia. (eko/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar