Politik Pemerintahan

Jelang Pengumuman Nama Menteri

Wagub Jatim Emil Ada di Jakarta, Pengamat: Nama Emil Jadi Atensi Publik

Surabaya (beritajatim.com) – Sejumlah wajah baru pada Senin (21/10/2019) hari ini nampak di Istana Kepresidenan Jakarta. Ini dikaitkan erat dengan calon menteri Jokowi periode kedua. Wajah baru sejauh ini yang hadir seperti Mahfud MD, Nadiem Makarim, Erick Thohir, Wishnutama, Tito Karnavian dan Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu

Pengamat Politik FISIP Unair Surabaya, Hari Fitrianto melihat beberapa nama yang dipanggil memang tak jauh berbeda dari beberapa nama yang telah beredar di media sosial beberap waktu terakhir. Namun, nampaknya nama-nama yang sebelumnya beredar cenderung akan mengisi pos berbeda dari pos menteri yang akan ditentukan Presiden.

Staf pengajar di FISIP Unair ini menambahkan, kalau formasi kabinet Jokowi akan memenuhi ekspektasi publik pada figur milenial profesional dan enerjik.

Hari menilai bahwa penerus Republik menuju Indonesia Emas 2045 adalah generasi milenial, selayaknya estafet kepemimpinan diteruskan kepada mereka. Terlebih tantangan nasional maupun global akan lebih kompleks di masa depan.

Selain lima isu yang diangkat Presiden dalam pidato pelantikan, isu-isu terkait kebebasan sipil politik, kedaulatan individu, keberlanjutan lingkungan akan mengemuka dan menjadi titik tekan perhatian politik generasi milenial dan gen z.

“Saat ini, isu-isu tersebut agak luput dari fokus politisi senior. Kaderisasi kepemimpinan nasional mendesak untuk dilakukan, terlebih lambatnya sirkulasi kepemimpinan dalam tubuh partai politik, yang sebenarnya menjadi kawah candradimukanya para pemimpin,” ujarnya.

Hari mengatakan, figur milenial seperti Nadiem akan mengisi formasi kabinet yang sesuai dengan bidang profesionalismenya seperti fokus ke digital atau koperasi dan UMKM.

Ketika ditanya figur milenial profesional lainnya, Hari Fitrianto berpendapat bahwa ada satu nama yang cukup menjadi atensi publik dari kalangan milenial profesional yaitu Wagub Jatim Emil Dardak.

“Spekulasi yang berkembang di media sosial, Emil Dardak diplot sebagai Wakil Menteri┬áPU Perumahan Rakyat, namun melihat track recordnya, Emil Dardak sama seperti Nadiem bisa mengisi pos yang sesuai dengan fungsi keahliannya. Namun, lagi-lagi itu kewenangan serta hak prerogatif Presiden Jokowi, jika Emil Dardak masuk dalam formasi kabinet,” tuturnya.

“Di sisi lain, Presiden Jokowi dalam menentukan formasi kabinet jilid dua kali ini nampak begitu cermat dan sangat teliti sekali,” imbuhnya.

Emil Dardak sendiri saat ini berada di Jakarta dalam rangka kegiatan kedinasan menghadiri undangan bedah buku ‘Menuju Indonesia Emas’ di Museum Nasional Indonesia.

Kabiro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim, Aries Agung Paewai ketika dikonfirmasi terpisah membenarkan, posisi Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak ada di Jakarta saat ini menjadi narasumber sebuah acara. “Beliau ada di Jakarta saat ini,” pungkasnya. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar