Politik Pemerintahan

Wabup Lumajang Ingatkan Pentingnya RPJMDesa Jelang Pilkades

Lumajang (beritajatim.com) – Pemilihan Kepala Desa serentak di 158 desa akan digelar di pertengahan Desember. Wakil Bupati Indah Amperawati mengajak pemerintah desa diharapkan dapat berperan aktif dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

“Tolong ini diperhatikan oleh para Sekdes dan Kaur desa yang hadir hari ini,” ujar Bunda Indah, sapaan akrab Wabup Lumajang, saat memberikan sambutan di Workshop Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Kabupaten Lumajang 2019, di Hotel Prima, Kecamatan Sukodono, Rabu (20/11/19).

Masih kata dia, dokumen RPJM Desa, ditetapkan dengan peraturan desa dalam waktu paling lama tiga bulan, terhitung sejak pelantikan Kepala Desa. RPJM Desa memiliki makna strategis, karena perencanaan pembangunan yang tertuang dalam RPJM Desa harus selaras dengan RPJMD Kabupaten Lumajang.

“Nah ini pemerintah desa, terutama Sekdes harus mencatat janji janji dan visi – misi misinya para calon kades, begitu salah satu terpilih, janji janji ini di tuangkan didalam RPJM Desa, karena tidak banyak waktu menyusunnya. Tiga bulan setelah dilantik, April maksimal itu sudah harus di sah kan,” terangnya.

Sementara ,Kepala Bidang Sosial dan Budaya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Lumajang, Endhi Setyo Arifianto mengatakan, workshop bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Sekretaris Desa dan Aparat Kecamatan, terkait dengan penyusunan RPJM Desa. Ia berharap, semua desa dapat memahami proses penyusunan Dokumen RPJM Desa serta sinkronasi antara perencanaan di kabupaten dan di desa.

“Kami ingin para Sekda dan Kaur Desa kooperatif,” pungkasnya. [har/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar