Politik Pemerintahan

Perolehan Suara Pilpres 2019 di Jatim

Versi Relawan: Jokowi-Ma’ruf 65,81 Persen dan Prabowo-Sandi 34,19 Persen

Surabaya (beritajatim.com) – Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Jatim) dan Komunitas Arek Alumni ITS (KAA-ITS) terus mengawal dan mengikuti perkembangan rekapitulasi perolehan suara dalam Pemilu 2019 khususnya pada Rekap Pilpres.

Ini melalui Tim IT dan Data serta berjejaring dengan berbagai Relawan di berbagai daerah, termasuk Jaringan Pemantau dan Relawan Independen (JaPRI) untuk memastikan data yang masuk valid sesuai formulir C1, DA1, DB1.

“Hal ini penting sekali untuk menjawab keraguan masyarakat atas issue yang berkembang tentang perolehan suara Pilpres, khususnya dengan maraknya hoaks atas klaim kemenangan Paslon Prabowo-Sandi di Jawa Timur,” kata Ketua KAPT Jatim, Ermawan Wibisono didampingi Sekjen KAA-ITS, Budiono, Sabtu (11/5/2019).

Berdasarkan data riil yang masuk pada Tim IT dan Data KAPT Jatim serta KAA-ITS, menurut dia, dapat dipastikan pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh kemenangan tebal di Jatim dengan perolehan 16.236.256 suara (65,81 persen), mengungguli pasangan Prabowo-Sandi dengan raihan 8.436.953 suara (34,19 persen).

Berdasarkan data tersebut, KAPT Jatim dan KAA-ITS menyatakan:

1. Mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Jatim atas dukungan yang diberikan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf sehingga dapat memenangkan pertarungan Pilpres 2019 di Jatim.

2. Mengapresiasi peran masyarakat khususnya pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf, sehingga mengubah peta kemenangan Prabowo di 2014 menjadi kemenangan Jokowi di 2019, yaitu di sembilan kabupaten/kota, yaitu Magetan, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo. Hanya menyisakan enam kabupaten untuk kemenangan Prabowo, yaitu di Pacitan, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan, Sumenep dan Sampang.

3. Mengapresiasi relawan dan pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf atas segala jerih payahnya dalam memenangkan paslon 01 di Jawa Timur, khususnya mereka yang berada di 19 kota/kabupaten yang perolehan suara Jokowi-Ma’ruf di atas 70 persen, yaitu, Kabupaten Blitar (85,21 persen), Kabupaten Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Kota Kediri, Ngawi, Kota Blitar, Trenggalek, Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Madiun, Kota Batu, Tuban, Banyuwangi, Ponorogo, Kota Madiun, Kota Mojokerto, dan Kota Surabaya; serta 1 kabupaten nyaris 70 persen, yaitu Sidoarjo (69,98 persen).

4. Memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada KPU dan Bawaslu beserta seluruh aparaturnya yang telah bekerja keras menyelenggarakan Pemiu 2019 serta seluruh aparat keamanan, baik Polri, TNI, Linmas serta pihak keamanan lainnya sehingga pemilu berlangsung aman, damai dan lancar.

5. Mengimbau kepada semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menunggu pengumuman resmi dari KPU terkait hasil Pemilu 2019 dan mempercayakan semua pelaksanaan dan penanganan permasalahan terkait Pemilu tersebut kepada aparatur yang bertugas.

6. Mengajak semua elemen bangsa untuk jauh berpandangan ke depan bersatu padu dan bergotong royong dalam kerangka NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, dalam menjalani kehidupan pasca Pemilu 2019 dengan berkontribusi nyata bagi pembangunan Indonesia seutuhnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar