Politik Pemerintahan

Usai Dikukuhkan, PMI Kabupaten Kediri Emban Tugas Kemanusiaan

Kediri (beritajatim.com) — Ketua PMI Jawa Timur Mayjen (purn) Imam Utomo mengukuhkan pengurus PMI Kabupaten Kediri dan Dewan Kemormatan PMI masa bakti 2019-2024. Pengukuhan berlangsung di Pendopo Kabupaten Kediri.

Ketua PMI Jatim Mayjen (Purn) Iman Utomo dalam sambutannya mengatakan, dengan tugas yang diberikan selama 5 tahun ke depan pengurus dan dewan kehormatan yang terpilih dapat berjalan semakin lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ada beberapa hal yang perlu di ingat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya PMI sendiri sudah di atur dengan dasar UU No 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan dalam menjalankanya,” ucapnya.

Acara pelantikan dihadiri jajaran forkopimda Kabupaten Kediri, pengurus PMI tingkat kecamatan, Ketua PMI Jawa Timur, juga perwakilan dari beberapa daerah seperti Kota/ Kab Malang, Kota Batu, Kota/Kab blitar, Kota Kediri, dan Kabupaten Tulungagung.

Sekda Kabupaten Kediri, Dede sujana menyampaikan, PMI adalah suatu organisasi sosial kemanusiaan yang strukturnya sudah sampai ke tingkat internasional, dengan kegiatan utamanya membantu kemanusiaan yang membutuhkan seperti bencana, konflik, maupun wabah penyakit.

“Saya akan terus banyak belajar kepada pengurus-pengurus yang sebelumnya dimana dengan banyak pengalaman yang dimiliki saya selaku pengemban amanah periode 2019-20124 akan terus berusaha yang terbaik dalam menjalankan tugas yang dipercayakan,” ucapnya.

Sekda juga berharap, kedepan dukungan dari dinas-dinas yang terkait guna membuat PMI Kabupaten Kediri menjadi lebih baik.

Sesuai dengan pasal 22 UU No 1 tahun 2018 seperti halnya memberikan bantuan bersenjata, kerusuhan dan lainya, Pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan per UU, melakukan pembinaan relawan, melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalangmerahan, menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kegiatan kepalangmerahan, membantu dalam penanganan musibah dan atau bencana, pelayanan kesehatan sosial dan melaksanakan tugas kemanusiaan lainya yang diberikan oleh pemerintah.

“Berharap kedepan guna dapat melaksanakan tupoksi PMI lebih maksimal kita akan lebih membangun relawan-relawan PMI yang terakreditasi dari berbagai sisi mulai dari sisi pencarian, dapur, evakuasi dan lainya,” tegasnya.

Dijelaskan pula dimana donor darah untuk wilayah jatim sendiri antusias masyarakat dalam memberikan bantuan donor darah minimal 2% dari kepadatan penduduk sudah masuk secara kuotanya, berarti kita bisa melihat bahwa tingkat kepedulian masih sangat tinggi.

Wabub Kabupaten Kediri, H. Masyakuri, juga berharap, PMI Kabupaten kediri setelah dikukuhkan pengurus dan dewan kehormatan yang baru, dapat mengemban tugas kemanusiaan secara maksimal, dan untuk pengurus yang lama kabupaten kediri sangat berterima kasih dengan apa yang selama ini sudah dijalankan secara baik. [adv/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar