Politik Pemerintahan

Urusan Lobi, Bupati Jember Disarankan Tiru Bupati Lumajang

Jember (beritajatim.com) – Legislator DPRD Jawa Timur dari Gerindra, Muhammad Fawait, mengingatkan agar konektivitas Kabupaten Jember dengan pusat-pusat pertumbuhan di provinsi ini diperkuat.

Pusat-pusat pertumbuhan ekonomi itu antara lain Surabaya, Malang, Pasuruan.

“Kalau Jember mau maju, maka akses ini harus dibangun, kata Fawait, usai dialog publik mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Jember, yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia dan Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, di aula Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje), Selasa (13/8/2019).

Fawait menyarankan agar komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pusat diperkuat. Tujuannya agar mereka ikut membangun akses itu.

Fawait menyayangkan rendahnya serapan APBD Jember yang itu berpengaruh terhadap ekonomi. Ia mencontohkan jadwal penerbangan Jember ke Surabaya yang dipangkas. “Konektivitas ini lama-lama tidak terbangun dan kalau dia berhenti, akhirnya pengusaha yang mau investasi di Jember juga enggan,” katanya.

Fawait menyarankan agar Bupati Faida meniru Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam melobi pemerintah pusat untuk membangun konektivitas via jalan tol. “Kalau (bupati) dekat dengan pemerintah pusat, tol lewat Jember dong. Kalau tol tidak lewat Jember ya bisa disimpulkan sendiri,” katanya.

“Bagaimana dengan Lumajang? Lumajang tidak dilewati tol. Tapi kawan saya Bu Indah (Wakil Bupati Indah Amperawati) dan Mas Thoriq (Bupati Lumajang Thoriqul Haq) mulai melobi pemerintah pusat untuk membangun tol. Responnya baik, kata Fawait. (Wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar