Politik Pemerintahan

Unik, TPS Ala-ala Pengantin Juga Sediakan Sarapan Bagi Warga Yang Nyoblos

Malang(beritajatim.com) – Unik warga Gadingkasri, Klojen, Kota Malang, menyulap TPS 18 seperti sebuah pesta pernikahan yang mewah. Terdapat sebuah kuade pengantin seperti tempat pelaminan, juga penuh dengan dekorasi bunga-bunga di bagian kuade.

Bunga itu berwarna-warni, dibuat cerah agar menimbulkan kesan yang ceria. Selain itu tenda dibuat merah-putih sesuai bendera kebangsaan Indonesia. Perbedaan dengan kuade pengantin di TPS ini tidak ada kursi pengantin, juga tak ada pengantinnya. Karena ini tempat untuk menyalurkan hak politik di Pemilu 2019.

Ketua RW 04 Kelurahan Gadingkasri Edyson Indawan mengatakan, bahwa dekorasi dibuat secara mandiri dengan dana gotong-royong tujuannya untuk menarik minat warga agar tak golput. Selain itu, suasana dibuat nyaman, agar warga setelah coblosan dapat bercengkrama dengan sesama warga.

“Inspirasinya nuansa merah putih, pelaminannya kan filosofinya pesta menggambarkan pesta demokrasi. Merah putih ini supaya muncul semangat kebangsaan. Kami buat secara mandiri dan tak terkait golongan tertentu,” papar Edyson, Rabu, (17/4/2019).

Edyson mengungkapkan di TPS ini, ada sebanyak 289 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) yang mendaftar ada 10 orang. Totalitas dalam hal dekorasi menjadi tujuan utama karena Pemilu hanya berlangsung 5 tahun sekali.

“Kami juga sediakan hidangan bagi warga yang sudah mencoblos jadi ada kesempatan sesama warga untuk bercengkrama. Pesta demokrasi harus kita maknai sebagai sebuah pesta yang menggembirakan,” tandasnya.

Selain itu, dia berharap siapapun presiden dan wakil presiden RI yang terpilih tetap menjaga persatuan bangsa. Sebab, pemimpin yang terpilih mengemban amanah masyarakat untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar