Politik Pemerintahan

Unik, Distribusi Kotak Suara Dikemas dengan Pawai

Tuban (beritajatim.com) – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang tinggal satu hari, tahapan proses pendistribusian surat suara Pilpres dan Pileg 2019 maupun logistik lainnya masih dilakukan dari tingkat PPK ke masing-masing desa, Selasa (16/4/2019).

Ada hal yang unik dan menarik antusias warga masyarakat dalam proses pendistribusian surat suara dari Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Pasalnya, pendistribusian surat suara tersebut dikemas dengan pawai tradisional dengan melibatkan ratusan orang.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, proses distribusi sebagian kotak dan surat suara ke Desa Wanglu Kulon, Kecamatan Senori, dikemas dengan pawai tradisional. Distribusi surat suara dengan cara pawai tersebut merupakan ide dari Polsek Senori, sebagai bagian untuk menyukseskan Pemilu 2019.

Dalam pawai tradisional itu, diikuti oleh semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu, yakni Polisi, TNI, Linmas, Panwascam, Satpol PP dan juga Camat Senori. Selain itu juga melibatkan para pendekar, pelajar dan beberapa elemen masyarakat yang ada di kecamatan itu.

“Kegiatan ini merupakan sebagai simbolis penyerahan surat suara dari PPK ke PPS. Salah satu tujuannya adalah sebagai sosialisasi agar masyarakat menggunakan hak pilihnya,” terang M Zubaidi, selaku Ketua PPK Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Dalam proses Pawai Semarak Pemilu 2019 itu, kotak suara pemilu yang berisikan surat suara dari kantor Kecamatan Senori diangkutĀ  menggunakan kendaraan tradisional pendati atau kendaraan yang ditarik menggunakan tenaga sapi. Kemudian dikawal oleh anggota Polsek Senori, Koramil Senori, dan juga anggota Linmas.

“Harapannya dengan kegiatan yang kita lakukan ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilpres dan Pileg 2019,” tambahnya.

Pawai yang diikuti ratusan peserta dengan gaya tradisional tersebut berjalan kaki dari kantor Kecamatan Senori sampai dengan Desa Wanglu Kulon yang berjarak sekitar 3 kilometer. Selanjutnya, saat sampai di kantor desa, prosesi penyerahan kotak suara dari PPK ke PPS diawali dengan tarian.

“Pawai ini sengaja kita kemas secara tradisional, karena untuk mengajak masyarakat supaya datang ke TPS. Pawai ini sangat menarik antusiasme dari warga di Kecamatan Senori,” ungkap Kapolsek Senori AKP Musa Bakhtiar.

Kapolsek menambahkan distribusi kotak suara dengan cara pawai itu sebagai upaya untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan pemilu aman dan damai. Sehingga masyarakat tidak perlu takut untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kami siap menjamin keamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Jangan sampai golput, mari kita bersama-sama sukseskan pesta demokrasi ini,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar