Politik Pemerintahan

Tunjang Lima Proyek Strategis, Status Jalan Ditingkatkan

Malang (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang bakal meningkatkan status jalan dari jalan desa menjadi jalan kabupaten.

Hal ini disampaikan Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni, beberapa waktu lalu. Menurut Romdhoni, beberapa jalan di wilayah Kabupaten Malang banyak yang bakal berubah status guna menunjang lima proyek strategis nasional.

Seperti, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari, Tol Malang Pandaan (Mapan), peningkatan status bandara Abd Saleh, dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (KSPN TNBTS) serta pembangunan jalan jalur lintas selatan (JLS), bahkan jalan desa yang mengarah pada Potensi Wisata Nasional.

“Mau tidak mau harus merubah pola tata ruang daerah yang ada. Memang secara riil jalan yang ada di wilayah kabupaten Malang itu ada tiga yaitu, jalan Nasional, Propinsi dan jalan Kabupaten,” ungkap Romdhoni.

Romdhoni melanjutkan, pihaknya membuat konsep dengan meningkatkan panjang jalan kabupaten menjadi 4 ribu Kilometer dari semula 1.668, 76 Kilometer, dengan cara menaikan status jalan desa yang sebelumnya dianggap aset non status naik kelas menjadi jalan kabupaten.

“Jalan Kabupaten Malang total ada 1.668, 76 Kilometer. Tapi yang dalam kondisi baik ada 1.139,43 Kilometer atau 68,43 persen. Ini sangat memberatkan APBD jika semuanya menjadi tanggungan kami. Namun, dengan diambilnya atau ditambahnya jalan kabupaten, diharapkan desa bisa melakukan pembangunan jalannya dengan baik,” jelasnya.

Romdhoni menjelaskan, konsep tersebut masih dalam proses pembahasan antara Pimpinan Daerah Kabupaten serta DPRD. Bahkan sudah diajukan untuk mendapat persetujuan dari Gurbenur Jawa Timur. Sembari menunggu, pihaknya telah melakukan pemetaan jalan di 378 desa di wilayah kabupaten Malang.

“Butuh proses, kami juga harus melakukan survey dan pemetaan mana jalan lokal yang layak dijadikan jalan nasional, kita lihat fungsi maupun konektivitasnya. Jadi tidak semua jalan lokal kita tingkatkan menjadi jalan kabupaten, tidak seperti itu,” pungkasnya. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar