Politik Pemerintahan

Tunggu Lelang Jabatan, 9 Kursi Pimpinan OPD Dibiarkan Kosong

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak sembilan kursi pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep dibiarkan kosong, meski Kamis (25/04/2019), Bupati setempat baru saja melakukan mutasi jabatan 24 pejabat setingkat kepala dinas.

“Jabatan itu memang harus dikosongkan, karena menunggu proses lelang jabatan atau assessment bagi ASN yang akan menempati jabatan pimpinan tinggi pratama,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Pada Kamis pagi, Bupati Sumenep melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep. Tecatat sebanyak 24 pimpinan OPD yang digeser, mulai Kepala Dinas, Badan, Bagian, hingga Asisten.

“Kalau dulu, begitu ada jabatan kosong, bisa langsung diisi. Kalau sekarang tidak bisa seperti itu. Prosesnya cukup panjang, harus ikut assessment di Jawa Timur, kemudian hasilnya diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara, baru ke Bupati,” papar Busyro.

Meski membutuhkan proses cukup panjang, namun ia berharap agar pengisian jabatan di 9 OPD itu bisa dituntaskan dalam waktu dua minggu.

“Kalau setengah bulan sudah terisi semua, roda pemerintahan akan bergulir dengan enak. Sekarang sementara diisi oleh Plt,” ujarnya.

Kursi pimpinan OPD yang kosong tersebut diantaranya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Bakesbangpollinmas, Kepala Dinas PU Pengairan, dan Kepala Satpol PP. Jabatan tersebut kosong karena pimpinan lama dimutasi ke OPD lain. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar