Politik Pemerintahan

Tujuh Bacabup Malang Ikuti Fit And Proper Test di PDIP Jatim

Salah satu Bacawabup Malang Hendik Arso Hadi Winulyo.

Malang (beritajatim.com) – Tujuh orang dari delapan orang Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Malang, yang mendaftar di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Malang pada Rabu (18/9/2019) lalu, sudah mengikuti Fit and Proper Test di Dewan Pimpinan Daerah (DPCD) Jawa Timur (Jatim) Jalan Raya Kendangsari Industri , Surabaya.

Fit and Proper Test terhadap Bacabup dan Bacawabup Malang, hal ini berdasarkan Surat DPC PDIP Nomor 042/IN/DPP/IX/2019 tanggal 16 September 2019. Selain Kabupaten Malang, DPD PDIP Jatim juga menggelar Fit and Proper Test bagi calon kepala daerah di Jatim. Karena pada tahun 2020, Jatim akan digelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pimilukada) secara serentak

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDIP Kabupaten Malang Santoko, Kamis (19/9/2019) mengatakan, jika delapan orang Bacabup dan Bacawabup Malang sudah mendapatkan undangan untuk mengikuti Fit and Proper Test di Kantor DPD PDIP Jatim. Sehingga dengan para Bacabup dan Bacawabup Malang yang mengikuti Fit and Proper Test, nanti hasilnya yang menentukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

“Karena Fit and Proper Test merupakan persyaratan bagi Bacabup dan Bacawabup Malang yang akan mengikuti Pemilukada yang digelar serentak di Jatim pada 2020 mendatang. Sehingga siapa-siapa yang nantinya lolos Fit and Proper Test, itu kewenangan DPP PDIP,” terang Santoko.

Kata dia, dari delapan orang yang mendaftar di Kantor DPC PDIP Kabupaten Malang, yang mencalonkan sebagai Bacabup Malang maupun Bacawabup Malang, yakni Sekteraris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Didik Budi Muljono, Wahyu Eko Setiawan, Wiebie Dwi Andriyas, Dicky Sulaiman, Umar Usman, Hasan Abadi, Djuma’Ali, dan Hendik Arso Hadi Winulyo, yang kini masih menjadi Kepada Desa (Kades) Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Sedangkan dari delapan orang yang mendaftar sebagai Bacabup dan Bacawabup Malang, dari berbagai profesi.

“PDIP tentunya akan merekomendasi Bacabup dan Bacawabup Malang yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh DPP PDIP. Sehingga DPC PDIP Kabupaten Malang hanya menunggu petunjuk dari DPP terkait siapa-siapa yang lolos Fit and Proper Test,” tegas Santoko.

Sementara itu, salah satu Bacawabup Malang Hendik Arso Hadi Winulyo, yang juga Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Pujiharjo, menambahkan, jika dirinya sudah mengikuti Fit and Proper Test di Kantor DPD PDIP Jatim, pada Rabu (18/9), dan dirinya saat itu ditanya Panitia Seleksi (Pansel) dari DPD PDIP.

“Apakah kesiapan anda untuk mencalonkan sebagai Bacawabup Malang di Pemilukada Kabupaten Malang 2020. Selain itu, juga ditanya terkait kesiapan keuangan dalam mengikuti Pemilukada, serta loyalitas kepada partai pengusung,” jelasnya. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar