Politik Pemerintahan

TPS di Ponorogo Serasa Seperti Dilan Jaman SMA

Ponorogo (beritajatim.com) – Tekan angka golput, TPS 008, Kelurahan Tonatan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo mengusung tema SMA, Rabu (17/4/2019). Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sengaja memakai baju atasan baju putih dan bawahan abu-abu persis baju seragam sekolah SMA.

Tak hanya itu, KPPS di lokasi, ada yang seperti bintang kelas. Di mana, salah satu KPPS berparas cantik. Kemudian juga ada siswa yang bandel dan berpenampilan garang. Selain itu, untuk musik yang diputar panitia juga musik pop yang identik dengan anak SMA.

“Disini DPTnya banyak pemilih pemula yang masih SMA,” kata salah satu petugas KPPS TPS 008 Tonatan, Dinar Romadhona di lokasi.

Ia mengatakan, panitia memang ingin menggaet pemilih pemula dengan memakai baju putih, abu-abu. Sehingga pemilih pemula ketika ke TPS merasa di sekolahnya.

“Kan pemilih pemula kan kebanyakan siswa SMA. Jadi ini juga menggaet kalangan mereka (pemilih pemula),” bebernya.

Selain itu, lanjut ia, menekan angka golput. Karena, menurutnya dengan memakai baju sma selain menggaet pemilih pemula, juga menarik pemilih lainnya.

Ia mengklaim, hingga pukul 09.00 wib, pemilih juga sudah 50 persen. “Ini sudah 140 pemilih yang nyoblos. Totalnya 280 pemilih, ” tambahnya.

Sementara, salah satu pemilih Mutmainah mengaku sangat senang dengan KPPS yang memakai seragam SMA. Dia merasa seperti kembali ke masa-masa SMA. Namun kesulitannya, Mutmainah mengaku saat mencoblos karena terlalu besar. Sehingga memilihnya juga kesulitan.

”Jumlah surat suaranya juga banyak, jadi harus hati-hati biar gak rusak,” pungkasnya.[end/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar