Politik Pemerintahan

Tol Pandaan-Malang Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Malang (beritajatim.com) – Jalan Tol Pandaan-Malang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) H Joko Widodo, pada Senin (13/5/2019). Usai peresmian di ruas Tol Singosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, pemerintah daerah setempat berharap agar Pemerintah Pusat segera merealisasikan Bandar Udara (Bandara) Abdul Rachman Saleh Malang untuk menjadi Badara Internasional.

Dengan dioperasikan ruas Tol Pandaan-Malang Seksi I, II dan III, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang HM Sanusi, Selasa (14/5/2019) mengatakan, hal ini nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malang. Apalagi, Pemerintah Pusat juga akan meningkatkan status Bandara Abdul Rachman Saleh Malang menjadi Bandara Internasional.

“Dengan adanya peningkatan status bandara, maka akan pula terjadi peningkatan kunjungan wisata, serta banyak investor yang akan berivestasi di Kabupaten Malang,” tegas Sanusi.

Kata Sanusi, dirinya optimis jika Pemerintah Pusat akan segera merealisasikan peningkatan status Bandara Abdul Rachman Saleh Malang menjadi Bandara Internasional. Sebab, Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat Bandara Abdul Rachamn Saleh akan ditingkatkan menjadi Bandara Internasional. Presiden juga mengatakan jika run way airport bandara akan diperpanjang sejauh 500 meter.

“Perhatian Presiden pada wilayah Malang ini, yakni terkait dengan cepatnya pertumbuhan ekonomi di Malang Raya. Selain Malang sebagai Kota Pendidikan, Malang juga sebagai tempat tujuan wisata, baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing,” papar Sanusi.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur berupa jalan tol, tentunya akan mempermudah akses masyarakat menuju Malang, apalagi juga diperkaya lagi dengan kemudahaan melalui jalur udara. Sehingga dengan dimudahkan fasilitas berupa jalan tol Pandaan-Malang, maka masyarakat akan lebih cepat melakukan mobilisasi dalam mengembangkan usahanya diberbagi sektor, khususnya di wilayah Kabupaten Malang.

“Daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, karena adanya fasilitas infrastruktur yang mudah didapat masyarakat. Sehingga dengan dioperasikan Tol Pandaan-Malang, yang jelas akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malang,” ujarnya.

Sanusi menambahkan, untuk dipercepat peningkatan status Bandara Abdul Rachaman Saleh Malang menjadi Bandara Internasional, maka Pemkab Malang selalu bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan Pemkot Batu. Sehingga dengan sinergi yang kita lakukan, untuk mempercepat realisasi bandara yang ada sekarang ini menjadi Bandara Internasional.

Masih kata Sanusi, jalan tol Pandaan-Malang juga akan mendukung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Kecamatan Singosari. Tidak hanya jalan tol saja yang akan memberikan kesejahteraan bagi masayarakat Kabupaten Malang, tapi juga keberadaan Jalur Lingkar Selatan (JLS).

“Dengan adanya dukungan infrastruktur seperti Jalan Tol, Bandara Internasional, KEK, JLS, dan Pelabuhan Ikan Nusantara (PIN), maka Kabupaten Malang ini tidak lama lagi akan menjadi pusat perekonomian di Jawa Timur,” Sanusi mengakhiri. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar