Politik Pemerintahan

Tol Pandaan-Malang Masih Gratis, Progress Konstruksi Seksi 4 dan 5?

Surabaya (beritajatim.com) – Tol Pandaan-Malang sepanjang 30,6 km untuk seksi 1 hingga seksi 3 hingga saat ini masih gratis bagi masyarakat pengguna jalan tol. Penggratisan ini berlaku hingga Surat Keputusan Menteri PUPR keluar terkait penerapan tarif.

“Belum diberi tarif. Kami juga masih menunggu ketentuan tarif dari Kementerian PUPR. Selama belum ada tarifnya, berarti ya masih gratis,” kata Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim, Gatot Sulistyo Hadi kepada beritajatim.com di kantornya, Selasa (30/7/2019).

Gatot menjelaskan, progress pembangunan konstruksi jalan tol Pandaan-Malang seksi 4 (Singosari-Pakis) mencapai 97 persen. “Sudah hampir kelar, tinggal marka-markanya saja. Tapi yang seksi 5 (Pakis-Malang) masih 50 persen. Saya berharap tetap akhir tahun 2019 ini sudah selesai.

“Sekarang yang jadi pembahasan dan belum selesai adalah kemacetan di perempatan underpass Karanglo Malang. Hari ini infonya ada rapat di Dinas Perhubungan Jatim membicarakan masalah itu untuk mencari solusinya. Underpass sudah lebar dan bagus, tapi mengapa masih macet. Macetnya ini karena arus kendaraan yang dari Surabaya menuju Batu ada yang lewat bawah, kemudian arus dari tol menuju Batu juga antre, Malang menuju tol juga panjang antreannya,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, jalan tol Pandaan-Malang terdiri atas lima seksi dengan total panjang 38 km. Seksi 1 meliputi Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km dan seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar